Simpel! Cara Membuat Bot Telegram Coding dan Tanpa Coding

by Christian Wiranata
0 comment

Sejak tahun 2013, kehadiran Telegram mencuri perhatian pengguna aplikasi pesan instan. Pasalnya, aplikasi tersebut memiliki fitur-fitur canggih yang memudahkan obrolan. Salah satu fiturnya adalah bot Telegram. Cara membuat bot Telegram ini dapat dilakukan dengan atau tanpa coding.

Kedua cara tersebut mudah dipraktikkan sekalipun Anda tidak menguasai bahasa pemrograman. Namun, sebelum mengetahui langkah-langkahnya, pengguna harus memahami pengertian dan manfaat bot Telegram. Berikut ini pembahasan selengkapnya.

Apa Itu Bot Telegram dan Manfaatnya?

Bot Telegram merupakan robot yang diprogram untuk mengikuti perintah atau instruksi pengguna. Dalam menjalankan instruksi tersebut, bot dibekali fitur artificial intelligence (AI).

Bot Telegram juga diartikan sebagai koran pintar yang dapat mengirimkan konten terbaru saat pengguna menginginkannya. Konten tersebut bisa berupa pesan teks, gambar, video, dan jenis file lainnya.

Tidak hanya itu, bot Telegram pun berfungsi sebagai layanan pemberitahuan ataupun peringatan mengenai ramalan cuaca dan update harga. Bahkan, bot bisa membantu Anda menerjemahkan dan memformat ulang.

Manfaat bot Telegram lainnya, yakni mengintegrasikan dengan layanan eksternal, seperti Gmail, YouTube, dan Wiki. Anda juga dapat melakukan transaksi keuangan dan membuat game menggunakan bot Telegram.

Bagi Anda yang ingin mengembangkan diri, bot Telegram membantu menemukan orang-orang dengan hobi maupun minat sama. Jadi, Anda bisa berkembang dan berjuang meraih mimpi bersama mereka.

Lalu, bagaimana cara berinteraksi menggunakan bot Telegram? 

Ada dua cara berinteraksi dengan bot Telegram. Pertama, Anda dapat mengirimkan pesan berbentuk perintah untuk bot. Caranya; bukalah obrolan menggunakan salah satu bot pilihan Anda di kolom pencarian. Kemudian, ketik perintah sebagai pembuka obrolan ke bot.

Sebagai referensi, berikut ini beberapa contoh bot yang dapat dipilih.

@GIF

Bot ini dapat digunakan untuk grup tanpa harus keluar dari jendela obrolan. Anda hanya perlu memasukkan nama bot dan mengetik kata kunci di kolom pencarian. 

@Feed Reader

Feed Reader cocok untuk Anda yang suka membaca artikel di Facebook, unggahan Instagram, Twitter, dan menonton YouTube. 

@GetMedia

Jika Anda ingin mencari video, audio, atau foto, pilih bot GetMedia. Bot Telegram ini dapat menunjukkan sumber konten yang dicari dari berbagai media sosial maupun website. Bahkan, pengguna boleh mengunduh konten di situs tersebut selagi tidak melanggar hak cipta pembuatnya.

@spotybot

Bot Telegram ini memudahkan pengguna untuk mencari lagu maupun artis favorit. Setelah menemukannya, Anda bisa mendengarkan klip audio atau musik langsung melalui grup Telegram. 

@drwebbot

Dalam grup Telegram, anggota kerap mengirimkan beragam file, misalnya GIF, gambar, serta dokumen. Namun, sebagian file sering kali dipenuhi virus. Untuk itu, bot @drwebbot dianjurkan bagi para pengguna yang ingin mengunggah file secara aman di grup Telegram.

@Grammar Checker

Dengan bot ini, Anda dapat mengecek grammar yang tepat. Caranya mudah; pengguna hanya perlu memasukkan kalimat dalam bahasa Inggris di chat box. Setelah itu, Grammar Checker akan memberikan koreksi pada ejaan yang salah.

APK Downloader

Anda bisa mengunduh aplikasi otomatis menggunakan bot ini tanpa harus membuka PlayStore. Caranya; masukkan url aplikasi ke chat box. Setelah terkirim, bot langsung melakukan generate file aplikasi. Dari generate itu, Anda dapat mengunduh aplikasinya.

Cara kedua untuk berinteraksi, yakni mengirimkan permintaan langsung dengan mengetikkan nama pengguna dan perintah di kolom input. Biasanya, cara ini disebut bot inline.

Baca juga: Udah Pada Tau? Ternyata Ini Cara Nonton Drakor di Telegram

Cara Membuat Bot Telegram Tanpa Coding

Cara membuat bot Telegram tanpa coding dapat dilakukan dalam beberapa menit saja. Anda pun tidak perlu mempelajari bahasa pemrograman untuk melakukannya. 

Berikut ini langkah-langkah membuat bot tanpa coding.

Mendaftarkan Akun ke Botfather

  • Buka Telegram, lalu ketik “Botfather” di kolom pencarian yang ikonnya terletak di kanan atas.
  • Setelah jendela obrolan “Botfather” terbuka, klik “START” untuk memulai proses. Kemudian, ketik pesan “/newbot” di kolom obrolan.
  • Selanjutnya, Botfather memberikan beberapa pertanyaan yang harus Anda jawab, seperti nama kota dan username.
  • Kalau username yang Anda ketik tersedia, Botfather mengirim token untuk mengakses API Telegram. Catat dan rahasiakan token tersebut dari pihak ketiga.

Membuat bot dengan Manybot

  • Pertama; temukan @Manybot supaya Anda bisa membuat bot secara gratis. 
  • Kedua; klik “START” dan ketik pesan “/addbot”. Jika ingin lebih cepat, Anda bisa klik “Create a New Bot” untuk memulai langkah pembuatan bot. 
  • Berikutnya, pilih “I’ve Copied the API Token”. Lalu, salin token dari Botfather dan paste di kolom Manybot. Selanjutnya, kirim token tersebut.
  • Langkah keempat; ketik perintah “/skip” atau “/pilih”. Pada tahap ini, Anda sudah bisa mengoperasikan bot.
  • Untuk mengawali interaksi, Anda harus mengeklik link username yang tersedia atau dengan mengetik nama pengguna di kolom pencarian. Kemudian, klik opsi “START”.
  • Selanjutnya, klik “Custom Commands” untuk membuat bot interaktif.
  • Setelah bot memberikan chat balasan, klik “Create Command”.
  • Kemudian, ketik perintah baru dengan format contoh: /hello.
  • Secara otomatis bot memberikan balasan berisi instruksi untuk mengisi jawaban yang Anda inginkan. Misalnya, Anda mengisi dengan jawaban “Hello, Friend!”.
  • Tahap selanjutnya, klik “Save” untuk menyimpan pengaturan command.
  • Terakhir, Anda dapat mencoba hasil pengaturan dengan mengetik perintah: /hello. Jika muncul balasan sesuai jawaban yang Anda isi, berarti pengaturan bot berhasil.

Cara Membuat Bot Telegram dengan Coding

Untuk membuat bot dengan coding, Anda pun membutuhkan token dari Botfather. Pada tahap selanjutnya, token tersebut dimasukkan ke terminal, seperti Command Prompt. Setelah itu, Anda harus meneruskan pembuatan bot menggunakan bahasa pemrograman.

Sebagai referensi, berikut langkah-langkah membuat bot dengan bahasa pemrograman Phyton.

  1. Buat package dengan nama “pyTelegramBotAPI”. Kemudian, instal package menggunakan Command Prompt. 
  2. Langkah kedua; buka text editor. Anda dapat memilih VSCode, Notepad, atau Sublime Text. Selanjutnya, buatlah file menggunakan nama dengan extensi .py, misalnya “best.py”. 
  3. Berikutnya, Anda harus mengimpor package yang sudah dibuat di CMD. Setelah itu, lakukan inisialisasi dengan cara mengisikan token dari Botfather.
  4. Tahap keempat; buat pengaturan untuk mengatasi pesan yang masuk ke bot. Sebagai contoh, seseorang mengirim /start, otomatis bot menjawab “Can I help you?”.
  5. Selanjutnya, lakukan looping supaya bot mengirim tanggapan secara terus-menerus sampai Anda menghentikannya.
  6. Terakhir, jalankan perintah di CMD dengan mengetik: “$ phyton namafile.py”. Kalau sudah, kunjungi bot Telegram, lalu ketik kata kunci (username Anda) di kolom pencarian.

Selain menggunakan Phyton, Anda pun bisa memakai PHP (Hypertext Preprocessor) untuk membuat bot. Bahasa pemrograman ini dapat diaplikasikan bersama HTML. Sementara itu, database yang memperoleh support PHP, antara lain Solid, Oracle, Generic ODBC, dan PostgreSQL.

Demikian ulasan singkat seputar cara membuat bot Telegram dengan ataupun tanpa coding. Semoga bisa menjadi referensi bagi Anda yang baru mengenal bot Telegram.

Related Posts

Leave a Comment