Pasti Aman! Ini Dia 9 Aplikasi Dompet Digital Terbaik 2022

by Adinda Firdhiya
0 comment
Aplikasi Dompet Digital

Kecanggihan teknologi telah merambah secara luas hingga ke dunia finansial. Salah satu bentuknya adalah munculnya banyak aplikasi dompet digital yang dapat memudahkan transaksi. Dengan sistem cashless, menggunakan aplikasi e-wallet dianggap lebih mudah dan praktis. 

Ada sejumlah aplikasi yang dinilai sebagai dompet digital terbaik 2022, di antaranya GoPay, OVO, DANA, dan masih banyak yang lain. Aplikasi-aplikasi ini termasuk populer digunakan di kalangan masyarakat modern dan biasa dipakai untuk membayar ragam transaksi untuk kebutuhan sehari-hari.

Mengenal Dompet Digital atau E-Wallet 

Dompet digital atau e-wallet dapat berfungsi selayaknya dompet fisik yang bisa digunakan untuk menyimpan uang. Selain itu, e-wallet juga dipakai untuk membayar berbagai tagihan maupun transaksi secara cashless. E-wallet merupakan sistem yang terkoneksi dengan internet sehingga penggunaannya juga membutuhkan jaringan internet. 

E-wallet dapat diakses melalui aplikasi khusus yang dipasang pada ponsel. Selain kemudahan bertransaksi, e-wallet juga biasanya dilengkapi dengan keunggulan lain, misalnya voucher diskon yang bisa digunakan saat bertransaksi. Beberapa penyedia e-wallet terhubung dengan marketplace sehingga menjadi salah satu opsi pembayaran selain transfer bank. 

Perbedaan E-Wallet dan E-Money 

Perbedaan E-Wallet dan E-Money

Selain e-wallet, ada juga yang disebut e-money. Meskipun keduanya dapat digunakan untuk transaksi pembayaran digital dengan menggunakan uang elektronik, ada perbedaan antara e-wallet dan e-money. Apa saja di antaranya?

  • Basis Layanan

E-wallet berbasis server internet. Artinya, pengguna harus terhubung dengan jaringan internet untuk dapat menggunakan layanan e-wallet tersebut. Berbeda halnya dengan e-money yang berbasis chip sehingga dapat digunakan secara offline. E-money biasanya berbentuk kartu yang bisa digunakan pada mesin khusus untuk bertransaksi.

  • Bentuk Penggunaan

E-money umumnya digunakan untuk melakukan pembayaran layanan tertentu, misalnya tempat parkir, karcis tol, karcis kendaraan umum, dan sebagainya. Sementara itu, e-wallet memiliki kegunaan yang lebih banyak, misalnya untuk membayar tagihan, membayar belanja di marketplace, melakukan transfer, dan sebagainya. 

  • Pengisian Saldo

Pengisian e-money bisa dilakukan dengan fitur NFC (Near Field Communication) di smartphone, mesin ATM, EDC, dan jasa pengisian lainnya. Sementara itu, saldo e-wallet bisa diisi dengan transfer bank, lewat ATM, maupun gerai minimarket. 

Rekomendasi Aplikasi Dompet Digital 

Di Indonesia, ada banyak pilihan aplikasi dompet digital yang bisa dipakai untuk berbagai kebutuhan transaksi. Berikut daftarnya.

1. GoPay 

Aplikasi Gopay

GoPay merupakan layanan dompet digital yang dapat diakses melalui aplikasi Gojek. Aplikasi ini dikembangkan oleh perusahaan teknologi dari Indonesia yang awalnya menyediakan jasa angkutan ojek. Semua transaksi di Gojek dapat dilayani dengan pembayaran digital melalui GoPay.

GoPay menawarkan banyak fitur yang bermanfaat bagi penggunanya, di antaranya transfer saldo ke nomor lain, tarik tunai di ATM, pembayaran tagihan, dan pembayaran transaksi dengan GoPayLater.

2. OVO 

Aplikasi OVO

OVO juga merupakan salah satu aplikasi e-wallet yang bisa diandalkan dan diakses dengan mudah melalui perangkat digital. Saldo OVO dapat dipakai untuk berbagai keperluan, misalnya berbelanja di merchant yang bekerja sama, membayar tagihan, serta dapat menjadi metode pembayaran transaksi seperti di Grab, Tokopedia, dan marketplace lain.

Ada beberapa keuntungan menggunakan OVO selain sebagai dompet digital, yaitu mendapat poin setiap berbelanja, bisa menikmati promo menarik di halaman Deals, dan ada fitur mengelola dan memonitor keuangan. 

3. DANA

Aplikasi Dana

DANA merupakan dompet digital yang dapat digunakan untuk membayar transaksi, mengirim uang ke nomor pengguna lain, membeli pulsa, membayar tagihan, dan berbelanja di marketplace. DANA bisa digunakan di berbagai merchant seperti halnya dompet digital lain.

Salah satu keunggulan DANA adalah memberikan beberapa voucher diskon sehingga pengguna bisa lebih hemat. Selain itu, setiap bulan ada kuota transfer uang antar bank secara gratis.

4. LinkAja

Aplikasi LinkAja

LinkAja adalah aplikasi e-wallet yang dikembangkan oleh PT. Fintek Karya Nusantara (Finarya), salah satu anak usaha BUMN di Indonesia. Tujuan LinkAja adalah sebagai platform pembayaran dan layanan keuangan untuk memenuhi kebutuhan seluruh lapisan masyarakat. 

LinkAja dapat dimanfaatkan untuk membeli atau membayar kebutuhan seperti pulsa, token listrik, BBM di SPBU, dan karcis transportasi umum. Bukan hanya itu, pengguna juga dapat melakukan transfer dengan mudah ke nomor pengguna lain atau rekening bank.

5. ShopeePay 

Aplikasi ShopeePay

ShopeePay adalah layanan dompet digital yang bisa digunakan untuk membayar transaksi di marketplace Shopee. Selain itu, saldo di dompet digital ini juga bisa dipakai sebagai pembayaran transaksi offline di merchant-merchant Shopee. Pengguna dapat menyimpan dana di ShopeePay, baik untuk membayar transaksi selanjutnya. 

Saldo di ShopeePay juga bisa ditransfer ke pengguna lain. Transfer antar akun Shopee maupun transfer ke nomor rekening bank tidak dipungut biaya. Selain itu, berbelanja dengan saldo di ShopeePay menawarkan keuntungan pada pengguna, yaitu voucher cashback maupun ongkos kirim gratis. 

6. Sakuku 

Aplikasi Sakuku

Sakuku merupakan aplikasi yang berbentuk dompet digital dari BCA yang menggunakan nomor telepon sebagai nomor rekening. Dengan aplikasi ini, pengguna dapat melakukan pembayaran belanja di merchant, membeli pulsa, dan membayar tagihan dengan sangat mudah. 

Pengguna juga dapat melakukan upgrade dari Sakuku menjadi Sakuku Plus dengan fitur yang lebih beragam. Saldo maksimum untuk Sakuku adalah Rp2.000.000, sedangkan saldo maksimum untuk Sakuku Plus adalah Rp10.000.000.

7. OCTO Mobile 

Aplikasi OCTO Mobile

Aplikasi lainnya yang termasuk sebagai dompet digital adalah OCTO Mobile. Ini merupakan layanan perbankan dari CIMB Niaga yang awalnya bernama Go Mobile. Ada berbagai fitur canggih yang terdapat di OCTO Mobile dalam rangka memudahkan transaksi yang dilakukan pengguna. 

Melalui aplikasi ini, pengguna bisa melakukan transaksi cashless dengan menggunakan QRIS. Dana diambil dari empat sumber, yaitu rekening ponsel, kartu kredit, tabungan, maupun Poin Xtra. Keunggulan lain aplikasi ini adalah bebas biaya top up dan transfer antar bank serta bisa tarik tunai di ATM tanpa kartu.

8. iSaku 

Aplikasi ISAKU

iSaku merupakan salah satu jenis dompet digital yang terhubung dengan Indomaret Poinku. Aplikasi ini bukan hanya dapat digunakan untuk bertransaksi di Indomaret, tetapi juga minimarket dan merchant lainnya. Selain berbelanja, iSaku juga bisa digunakan untuk transfer uang antar pengguna, membayar tagihan, maupun tarik tunai. 

9. Doku 

Aplikasi DOKU

Terakhir, ada aplikasi Doku yang bisa dijadikan sebagai dompet digital. Seperti e-wallet lainnya, Doku juga bisa digunakan untuk melakukan pembayaran dengan mudah, membeli pulsa, transfer saldo, hingga menyimpan uang. 

Doku didukung oleh aplikasi yang mudah digunakan. Cara top up Doku pun beragam, baik lewat ATM, transfer bank, maupun gerai minimarket. Dengan kemudahan yang ditawarkan, Doku dapat menjadi salah satu dompet digital andalan bagi Anda yang sering melakukan transaksi cashless. 

Nah, inilah beberapa aplikasi dompet digital yang bisa dipergunakan untuk menyimpan uang. Dana yang tersimpan sekaligus bisa digunakan untuk membeli kebutuhan, membayar tagihan, dan sebagai metode pembayaran transaksi dengan merchant. Dengan memasang aplikasi ini di ponsel, Anda bisa menikmati sejumlah kemudahan bertransaksi setiap saat. 

Baca Juga : 5 Daftar Aplikasi Online Shop yang Aman Transaksinya

Related Posts

Leave a Comment