Mudah Kok, Begini Cara Update Play Store di Hape Kalian!

by Christian Wiranata

Setiap smartphone Android dilengkapi dengan aplikasi bawaan pabrik. Ada berbagai jenis aplikasi bawaan yang dapat kamu temukan, termasuk di antaranya adalah Google Play Store. Aplikasi yang satu ini termasuk sebagai salah satu aplikasi terpenting yang ada pada smartphone Android. Nah untuk itu kalian perlu cara update play store disini.

Kegunaan utamanya adalah sebagai tempat untuk download beragam jenis aplikasi dan game. Karena fungsinya yang krusial tersebut, Google pun memberikan pembaruan secara berkala. Oleh karenanya, kamu perlu update Play Store biar kamu bisa menggunakan layanan ini secara lancar. 

Risiko Jika Play Store Tidak Diperbarui

Kamu mungkin bertanya-tanya, kenapa harus mengikuti cara update Play Store? Kenapa tidak menggunakan versi lama. Apalagi, proses update bakal membuat memori internal penuh. 

Ketika menggunakan Google Play Store yang tidak diperbarui, kamu akan berhadapan dengan beberapa risiko, seperti: 

  • Bug yang mengganggu kenyamanan penggunaan aplikasi. Tak menutup kemungkinan, aplikasi akan mengalami permasalahan saat dijalankan. 
  • Google telah mengungkap celah keamanan Aplikasi Google Play Store versi lama memiliki celah keamanan yang sangat rentan. Celah tersebut berpotensi menimbulkan berbagai permasalahan, seperti pencurian data pribadi, serangan malware, adware, dan lain sebagainya. 
  • Tak ada pembaruan fitur. Update yang diberikan oleh Google juga bakal memberikan fitur-fitur baru. Tanpa adanya pembaruan, kamu tidak akan bisa menikmati fitur-fitur tersebut. 

Cara Update Play Store

Untuk menghindari risiko tersebut, kamu perlu melakukan pembaruan. Cara update Play Store sangat mudah, dapat kamu lakukan sambil mengerjakan aktivitas lain. Namun, sebelum memulai pembaruan, kamu perlu terlebih dahulu mengecek stabilitas koneksi internet. 

Koneksi internet yang stabil memastikan proses pembaruan berjalan lancar. Oleh karena itu, lakukan update saat handphone terhubung dengan jaringan WiFi. Apalagi, proses pembaruan Play Store melibatkan file dengan ukuran yang relatif besar. Tak ingin paket data internetmu habis, kan?

Selanjutnya, kamu bisa memilih 3 metode cara update Play Store yang bisa dilakukan, yakni: 

1. Update Secara Langsung

Cara update Play Store yang paling sederhana adalah dengan melakukannya secara langsung. Metodenya sangat gampang, dapat dilakukan cukup dengan menuju ke menu Play Store Settings. Biar lebih jelas, berikut ini adalah langkah-langkahnya: 

  • Jalankan aplikasi Google Play Store di handphone
  • Tekan tombol tiga baris horizontal yang ada di pojok kiri atas layar. Setelah itu, pilih menu Settings
  • Pada halaman Settings, kamu dapat mengarahkan layar ke bagian bawah dan terdapat tulisan Play Store version. Tap pada tulisan tersebut untuk melakukan update
  • Sistem akan melakukan pembaruan ketika terdapat update dari Google. Tunggu proses update selesai. 

2. Membersihkan Data Play Store

Cara yang selanjutnya adalah dengan memaksa sistem untuk melakukan pembaruan secara otomatis. Hal ini dapat kamu lakukan dengan membersihkan data yang tersimpan di dalamnya. Untuk membersihkan data Play Store, langkah yang perlu kamu lakukan adalah sebagai berikut: 

  • Akses menu Settings smartphone, dapat dilakukan lewat quick menu atau ikon Pengaturan. 
  • Buka opsi Apps/Application Manager/Installed Apps. Pilihan menu yang satu ini berbeda-beda sesuai dengan model smartphone milikmu.
  • Selanjutnya, temukan Google Play Store yang ada di opsi All Aps. Tekan ikon Play Store. 
  • Pada bagian informasi Google Play Store, tekan tombol Storage. Lalu, tap Clear Storage/Clear Data
  • Restart handphone dan tunggu sekitar 2-3 menit. Setelah itu, sistem pada smartphone akan secara otomatis melakukan update Play Store. Tunggu hingga proses pembaruan selesai. 

3. Cara Update Play Store Manual

Metode yang terakhir adalah melakukan pembaruan secara manual. Cara ini dapat kamu lakukan setelah terlebih dahulu memperoleh APK Play Store terbaru. Kamu bisa download APK Play Store terbaru secara gratis di sini

Untuk bisa melakukan update Play Store manual, kamu dapat mengikuti langkah-langkah sebagai berikut: 

  • Izinkan smartphone untuk menginstal aplikasi selain dari Google Play Store. Untuk para pengguna Android 8 Oreo atau lebih tinggi, dapat melakukannya dengan menuju ke Settings > Apps & Notifications > Special App Access dan pilih Instal unknown apps. 

Sementara itu, para pemilik smartphone yang menggunakan OS lawas atau di bawah Android 8, bisa menuju ke Settings > Security/Privacy. Setelah itu, geser menu Unknown source. 

  • Download APK Play Store terbaru menggunakan tautan yang sudah disebutkan. 
  • Setelah proses pengunduhan selesai, lakukan instalasi. Selanjutnya, kamu pun bisa memperoleh Play Store versi terbaru dari Google. 

Setelah langkah diatas selesai, kalian dapat mengirim aplikasi playstore ke teman kalian melalui bluetooth.

Baca Juga: Mudah! Begini Cara Mengirim Aplikasi Lewat Bluetooth Loh!

Sebagai tambahan, kamu bisa pula memilih untuk menonaktifkan fitur update aplikasi secara otomatis dari Google Play Store. Caranya adalah dengan menuju ke Settings > Auto-update apps > Do not auto-update apps. Langkah ini perlu kamu lakukan sebagai upaya menghemat paket data internet. Kalian

Nah, itulah cara update Play Store yang dapat kamu ketahui. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba, ya!

Related Posts

Leave a Comment