Mudah! Begini Cara Mengirim Aplikasi Lewat Bluetooth Loh!

by Christian Wiranata
0 comment

Google Play Store memang jadi rujukan utama ketika ingin mengunduh aplikasi atau game Android. Namun, dalam situasi tertentu, kamu kemungkinan bakal mengalami kesulitan untuk melakukannya. Sebagai contoh, saat tidak memiliki paket data internet, tidak berada dalam jangkauan WiFi, atau aplikasi yang diinginkan berukuran ekstra besar sementara kuota internet tinggal sedikit. 

Kalau kamu berada dalam situasi tersebut, ada cara pintar yang bisa dilakukan tanpa harus menggunakan akses internet. Solusinya adalah dengan cara mengirim aplikasi lewat Bluetooth. Penggunaan fitur Bluetooth untuk mengirim aplikasi memberi manfaat yang besar. Selain tidak memerlukan kuota internet, proses pengiriman juga dapat dilakukan secara nirkabel

Namun, pengiriman aplikasi menggunakan Bluetooth harus disertai dengan pemakaian aplikasi khusus. Terdapat beberapa aplikasi Bluetooth yang bisa kamu manfaatkan untuk mencoba cara ini, di antaranya:

1. Menggunakan Aplikasi ShareCloud

Cara mengirim aplikasi lewat Bluetooth yang pertama adalah menggunakan ShareCloud. Aplikasi ini bisa kamu unduh secara gratis, memiliki fungsi utama untuk mengirimkan aplikasi ke perangkat lain. Tidak hanya melalui Bluetooth, ShareCloud juga dapat dimanfaatkan untuk mentransfer aplikasi lewat email, WiFi, WhatsApp, dan lain sebagainya. 

Penggunaan aplikasi ShareCloud sangat mudah, yakni: 

  • Unduh ShareCloud dari Google Play Store dan lakukan instalasi. 
  • Setelah aplikasi terpasang di smartphone, aktifkan fitur Bluetooth pada kedua handphone
  • Buka aplikasi ShareCloud di masing-masing hp. 
  • Pada handphone pengirim, kamu perlu memilih file yang akan dikirim. Caranya, tap pada opsi App dan tentukan aplikasi yang ingin ditransfer. 
  • Selanjutnya, tap pada tombol Share File with Your Friends, dan pilih Blueooth. 
  • Layar akan menampilkan daftar smartphone yang terdeteksi oleh Bluetoot. Pilih handphone penerima, dan lakukan proses pengiriman. 
  • Tunggu pengiriman selesai, dan aplikasi pun bisa dijalankan. 

2. EZ File Explorer File Manager

Cara mengirim aplikasi menggunakan Bluetooth selanjutnya adalah lewat pemakaian EZ File Explorer File Manager. Fungsi utama dari aplikasi Android ini bukanlah sebagai sarana untuk mengirim aplikasi, melainkan berguna untuk mengelola berkas.

Namun, fungsinya yang beragam, memungkinkan kamu untuk melakukan berbagai tugas, seperti cut, copy, paste, mengganti nama file, memutar video dan audio, ataupun melakukan kompresi file. Sangat lengkap, bukan? 

Lalu, bagaimana cara memanfaatkan EZ File Explorer File Manager sebagai solusi untuk mengirim aplikasi via Bluetooth? Untuk melakukannya, kamu bisa mengikuti langkah-langkah sebagai berikut: 

  • Unduh aplikasi EZ File Explorer File Manager pada smartphone. Kamu dapat mengunduhnya secara gratis dan melakukan instalasi pada handphone yang akan digunakan. 
  • Langkah selanjutnya, kamu dapat mengaktifkan Bluetooth pada handphone dan menjalankan aplikasi EZ File Explorer File Manager. 
  • Setelah itu, kamu dapat memilih aplikasi yang ingin dikirim. Caranya, pilih menu App, dan layar akan menampilkan daftar aplikasi yang terinstal di smartphone
  • Kalau sudah menentukan aplikasi yang dikirim, tap ikon aplikasi dan tahan beberapa detik sampai muncul opsi di bagian bawah layar. 
  • Lakukan pengiriman aplikasi dengan cara menekan 3 titik vertikal, pilih bagikan. Selanjutnya, akan muncul opsi cara pengiriman, tap pada opsi Bluetooth. 
  • Tunggu pengiriman sampai selesai. 

3. Mengirim Lewat Bluetooth dengan Bluetooth File Transfer

Pengiriman aplikasi dapat pula dilakukan menggunakan Bluetooth File Transfer. Sesuai namanya, aplikasi ini memiliki fungsi untuk mentransfer file menggunakan Bluetooth. Kamu pun bisa memanfaatkannya untuk mengirim berbagai jenis berkas, termasuk di antaranya adalah file APK Android

Cara menggunakan aplikasi Bluetooth File Transfer relatif sangat mudah, yakni: 

  • Unduh dan pasang aplikasi Bluetooth File Transfer dari Google Play Store. Aplikasi ini tersedia secara gratis dan bisa kamu manfaatkan sepuasnya. 
  • Setelah proses instalasi berhasil, aktifkan Bluetooth. Setelah itu, jalankan aplikasi Bluetooth File Transfer. 
  • Langkah berikutnya, kamu dapat menekan tombol menu, lalu pilih opsi more. Selanjutnya, pilih opsi Send Apps. 
  • Tentukan aplikasi yang ingin dikirimkan. Kamu dapat memilih satu atau beberapa aplikasi sekaligus. Namun, kalau koneksi Bluetooth tidak stabil, pertimbangkan untuk mengirimnya secara bergantian. 
  • Sebelum proses pengiriman, kamu akan diminta untuk menentukan handphone yang menjadi destinasi. Selanjutnya, tunggu sampai proses pengiriman selesai, aplikasi pun siap digunakan. 

Selain tiga aplikasi tersebut, kamu dapat pula menggunakan beragam jenis APK Android lain yang menawarkan cara mengirim aplikasi lewat Bluetooth. Beberapa di antaranya merupakan aplikasi yang sudah sangat familier di kalangan para pengguna smartphone, seperti SHAREit, Xender, dan Hike Direct.

Demikianlah pilihan cara yang dapat kamu manfaatkan ketika ingin mencoba melakukan pengiriman aplikasi melalui Bluetooth. Keberadaan beragam jenis aplikasi pendukung, membuat proses pengiriman dapat dilakukan dengan sangat mudah. Menariknya lagi, aplikasi-aplikasi itu dapat kamu download secara gratis.  Selain cara diatas kalian juga dapat loh mencoba cara memindahkan aplikasi ke kartu SD.

Tertarik mencoba?

Related Posts

Leave a Comment