Makin Jago Inggris, 5 Aplikasi Belajar Bahasa Inggris Terbaik

by Christian Wiranata

Tren belajar Bahasa Inggris terus mengalami perubahan dari tahun ke tahun. Kalau beberapa dekade silam, Bahasa Inggris dipelajari dengan sistem textbook saja, kali ini bisa dipelajari dengan lebih menarik. Kemajuan teknologi juga digunakan untuk membuat metode belajar Bahasa Inggris lebih menarik.

Salah satu metode yang digunakan untuk belajar Bahasa Inggris di era modern seperti sekarang adalah aplikasi. Para pengembang membuat aplikasi belajar Bahasa Inggris yang tidak hanya memberikan ilmu secara lengkap saja. Metode pengajaran yang menarik juga diberikan agar kita semua nggak bosan.

Nah, untuk rekomendasi aplikasi buat belajar Bahasa Inggris, simak beberapa poin di bawah ini.

Duolingo

Aplikasi belajar pertama yang bisa digunakan untuk menguasai Bahasa Inggris adalah Duolingo. Aplikasi ini menyediakan materi pembelajaran dari hal yang masih sangat basic sampai ke tingkat menengah dan tinggi. Jadi, semua orang bisa mempelajarinya dengan baik, bahkan kalau kamu masih nol besar dalam English.

Dengan menggunakan Duolingo, kamu akan diajari hal-hal dasar dengan cara menyenangkan. Misal dengan bantuan gambar, ejaan, dam tulisan. Semua elemen pembelajaran bahasa diberikan. Jadi, kemungkinan kamu mengalami kebosanan akan sangat rendah. Apalagi ada tes di setiap akhir pembelajaran dilakukan.

Melalui aplikasi yang bisa kamu dapatkan secara gratis ini, kamu juga bisa belajar bahasa lain yang tidak kalah menyenangkan. Misal belajar Bahasa Jepang, Bahasa Spanyol, Bahasa Mandarin, hingga Bahasa Korea. Semua diberikan secara gratis sehingga kamu bisa belajar apa saja dalam sekali waktu.

Memrise

Memrise adalah aplikasi yang secara konsep hampir sama dengan Duolingo. Namun, ada satu hal yang membuatnya banyak digunakan: konsep mengingat yang tidak membosankan. Dengan menggunakan Memrise, kamu akan mengingat banyak kata dengan mudah dan juga tata bahasa dengan lebih sederhana.

Saat belajar, kamu akan disuguhkan dengan video singkat, percakapan, teks, dan juga diminta untuk mengucapkan kata/kalimat. Dengan menggunakan prosedur ini, semua aspek belajar Bahasa Inggris yang kamu lakukan akan berjalan sepenuhnya sehingga kemampuan bisa meningkat.

Setiap mempelajari bahasa baru, kamu bisa melihat perkembangannya dengan sangat detail. Jadi, semua benar-benar terstruktur dari awal sampai akhir. Setelah beberapa bulan menggunakan aplikasi ini, kemampuan Bahasa Inggrismu akan membaik.

Baca Juga: Anti Bosen! Ini Deretan Aplikasi Nonton Film Terbaik 2020!

Hello English

Aplikasi belajar Bahasa Inggris yang sudah diunduh oleh 10 juta orang ini bisa digunakan untuk belajar Bahasa Inggris secara baik. Mengapa? Karena kamu bisa menggunakan bahasa ibu untuk melakukannya. Jadi, dengan Hello English kamu bisa menggunakan pengantar Bahasa Indonesia sehingga maksud dan tujuannya jelas.

Saat ini Hello English memiliki sekitar 475 materi belajar yang interaktif. Semuanya bisa digunakan secara gratis. Kamu bisa mendapatkan topik yang sifatnya standar, game, kuis, sampai ke materi yang cukup penting yakni grammar.

Saat belajar, kamu tidak hanya diberikan materi dalam bentuk teks saja. Untuk belajar Bahasa Inggris, kamu juga bisa belajar dari video, berita, artikel, sampai ke audio. Jadi, fungsi membaca, menulis, dan mendengar bisa diasah.

Cake

Belajar Bahasa Inggris bisa dilakukan dari mana saja. Salah satu media yang bisa digunakan untuk belajar adalah video. Dengan menggunakan Cake, kamu akan diajari untuk mendengarkan, mengucapkan, menulis, dan menyimak potongan video untuk memahami aneka konsep Bahasa Inggris.

Dengan menggunakan video, kamu bisa belajar Bahasa Inggris dengan lebih mudah dan menyenangkan. Apalagi tidak terlalu banyak teks yang membosankan. Kamu bisa menggunakan cake untuk memperlancar kemampuan untuk mengucap dan juga berbicara dengan banyak orang.

Cake menggunakan AI untuk mengajari pengguna dalam Bahasa Inggris. Bahkan, AI juga bisa digunakan untuk mengecek pengucapan dengan tepat.

Simpler

Dengan menggunakan Simpler, kamu bisa belajar segala aspek Bahasa Inggris dengan mudah dan tidak membosankan. Apalagi desain aplikasi sangat segar dan berwarna. Kamu bisa belajar bagaimana menulis dengan grammar yang tepat, mengucapkan kata-kata benar, dan belajar untuk mendengarkan.

Simpler juga berisi banyak ilustrasi yang menarik dan cocok untuk anak kecil. Jadi, kamu bisa menggunakan aplikasi ini untuk belajar sendiri atau dengan adik. Jadi, bisa saling beradu kemampuan untuk mengingat dan berbicara. Saat ini Simples bisa didapatkan di Playstore dengan rating 4.6 dan diunduh 5 juta orang.

Dengan menggunakan aplikasi belajar Bahasa Inggris di atas, proses penguasaan bahasa asing yang kamu miliki akan lebih baik. Apalagi metode pengajarannya sangat beragam dan juga menarik. Meski belajar secara rutin dan durasinya cukup lama, kamu tidak akan mengalami kebosanan yang hebat.

Kunci untuk belajar bahasa asing termasuk Bahasa Inggris agar berjalan dengan lancar adalah merasa senang. Kalau menggunakan metode yang membosankan, dijamin akan cepat bosan dan tidak mau melanjutkannya lagi. Namun, kalau menggunakan aplikasi, kemungkinan cepat mahir akan besar.

Related Posts

Leave a Comment