Iseng Berhadiah, Ini Cara Dapat Uang dari TikTok Buat Pemula!

by Adinda Firdhiya
0 comment
Cara Dapat Uang dari TikTok

TikTok merupakan salah satu jejaring sosial yang sangat populer di Indonesia. Banyak orang tertarik menggunakan aplikasi ini karena menawarkan konten video yang menghibur. Selain itu, pengguna juga dapat memproduksi konten sendiri dengan mudah untuk mengekspresikan diri. 

Bukan hanya sebagai hobi, ternyata bermain TikTok bisa menjadi sumber penghasilan. Syaratnya, Anda harus tahu cara mudah mendapatkan uang di TikTok. Ada sejumlah cara yang bisa dilakukan, bahkan oleh pengguna awam.

Awal Mula TikTok di Indonesia

Awal Mula TikTok di Indonesia

Aplikasi TikTok belum terlalu lama hadir di Indonesia. Walaupun demikian, penggunaannya sangat masif. Pertama kali aplikasi ini dikenal yaitu pada September 2017. Banyak anak muda yang memanfaatkannya untuk membuat konten video.

Karena banyak keluhan yang menilai TikTok kurang baik dan memberi pengaruh buruk bagi anak-anak, aplikasi ini kemudian diblokir oleh Menkominfo Rudiantara pada awal Juli 2018. Namun, pemblokiran tersebut hanya berlangsung selama beberapa hari. TikTok pun melakukan sejumlah perbaikan.

Pada 2022, jumlah pengguna TikTok di Indonesia telah mencapai 92,07 juta. Angka ini bertambah dengan pesat dibandingkan jumlah pengguna pada tahun sebelumnya. Pengguna TikTok di Indonesia merupakan pengguna ketiga terbanyak setelah India dan AS. 

Pengguna TikTok semakin bertambah pada masa pandemi karena dianggap sebagai cara untuk melepas stres di rumah. Saat ini, pengguna TikTok bukan lagi hanya anak-anak atau remaja, tetapi semua kalangan usia. Konten yang diunggah pun tidak selalu berupa komedi atau hiburan, tetapi juga edukasi dan opini yang bermanfaat. 

Cara Menghasilkan Uang dari TikTok 

Bukan sekadar sebagai media untuk mengekspresikan diri, TikTok juga ternyata dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan uang. Apalagi jika pengikut akun TikTok berjumlah cukup banyak, potensi untuk cuan pun lebih besar. Simak beberapa cara mendapatkan uang di TikTok berikut.

1. Sponsored Content Post 

Sponsored Content Post

Salah satu cara paling ideal untuk menghasilkan uang dari TikTok adalah melalui sponsored content post. Melalui akun yang dimiliki, pengguna TikTok dapat mempromosikan produk atau brand tertentu dengan mengunggah video berupa konten sponsor.

Namun, agar Anda dilirik oleh brand, akun TikTok Anda harus memiliki followers dengan jumlah yang banyak. Untuk meningkatkan jumlah followers, Anda bisa melakukan sejumlah cara, misalnya mengunggah konten yang kreatif dan lucu, mengunggah konten secara terjadwal, memperbanyak engagement dengan kreator lain, dan sebagainya.

2. Menonton Video Bonus di TikTok 

Video Bonus di TikTok

Cara selanjutnya yang bisa dilakukan adalah menonton video bonus di TikTok. Setelah menonton video, Anda bisa mengumpulkan koin yang kemudian bisa diubah menjadi uang. Biasanya video yang tersedia berdurasi antara 15 – 30 menit. 

Anda bisa memperoleh 2.000 koin jika menonton video berdurasi 5 menit, 7.000 koin untuk video berdurasi 15 menit, dan 15.000 koin untuk video berdurasi 30 menit. Setiap 10 koin bisa ditukar dengan Rp1. Nah, semakin banyak video yang ditonton, akan semakin banyak pula poin yang didapatkan. 

3. Melakukan Live Streaming 

Live Streaming di TikTok

Cara mendapatkan uang di TikTok bisa juga dengan melakukan live streaming. Melalui live streaming di aplikasi ini, Anda dapat melakukan berbagai aktivitas yang dianggap menarik bagi audiens. Apabila audiens menyukai konten live streaming tersebut, mereka dapat memberikan stiker gift yang sebelumnya dibeli. 

Stiker gift tersebut bisa ditukarkan oleh pemilik akun menjadi berbentuk uang yang bisa ditarik. Namun, perlu diperhatikan jika tidak semua pengguna TikTok bisa menonton live streaming. Untuk menikmati fitur ini, Anda harus memiliki followers sebanyak 1.000 orang.

Hal yang perlu diperhatikan adalah membuat konten live streaming yang unik dan kreatif. Ada berbagai ide konten yang bisa dicoba, misalnya melakukan aktivitas yang jarang dilihat oleh orang lain. Ada pula yang mencoba challenge tertentu, bermain game online, memasak, bermain musik, dan masih banyak lagi. 

Baca Juga : 15 Aplikasi Live Streaming Dikala Bosan, Bisa Cari Jodoh Juga!

4. Menjadi TikTok Influencer 

TikTok Influencer

Opsi lain untuk menghasilkan uang dari TikTok adalah dengan menjadi TikTok influencer. Pada zaman sekarang, profesi influencer sangat populer dan bisa dilakukan oleh semua kalangan. Syarat agar sukses menjalani profesi ini adalah mampu membuat video yang kreatif dan menarik perhatian audiens. 

Sebagai influencer di TikTok, Anda harus memastikan jumlah followers cukup banyak. Selain itu, video juga dibuat dengan bagus sehingga berpeluang untuk masuk ke halaman FYP (For You Page). Melalui halaman ini, video tersebut bisa viral dan semakin berpengaruh terhadap brand yang sedang dipromosikan.

5. Jasa Jual Beli Akun TikTok 

Jasa Jual Beli Akun TikTok

Akun TikTok dapat dilihat sebagai aset yang dapat diperjualbelikan. Akun TikTok yang banyak dicari adalah yang telah memiliki followers berjumlah banyak. Untuk mendapatkan ini, Anda harus telaten dalam mengelola akun tersebut, baik dengan meningkatkan jumlah followers, like, jumlah tayangan, maupun engagement. 

Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan membangun komunitas yang mengunggah topik serupa. Sebaiknya, video yang diunggah memiliki satu niche agar audiens lebih terpola. Setelah akun TikTok tersebut bertambah besar, Anda pun dapat menjualnya ke pihak yang membutuhkan.

6. Jasa Konsultan TikTok 

Jasa Konsultan TikTok

Metode lain yang bisa Anda gunakan untuk menghasilkan uang dari TikTok adalah menjadi konsultan. Sebagai konsultan TikTok, tugas Anda adalah memberikan saran dan nasihat bagi pengguna baru sehingga mereka bisa menumbuhkan akun menjadi lebih besar. 

Karena TikTok merupakan platform yang termasuk baru, tidak heran jika masih banyak yang awam. Namun, Anda yang menguasai strategi menggunakan TikTok dapat berbagi ilmunya sekaligus dibayar untuk jasa tersebut. 

Sebagian orang atau bahkan brand yang sedang mengembangkan bisnis akan membutuhkan konsultan Tiktok. Mereka mau mengeluarkan uang agar akun mereka bisa lebih terkenal dan memiliki banyak followers. Akan tetapi, untuk menjadi konsultan TikTok, Anda harus memiliki keahlian yang dapat diandalkan dan telah terbukti. 

7. Meluncurkan Musik 

Meluncurkan Musik TikTok

Bagi orang yang suka menciptakan musik, TikTok dapat menjadi ladang untuk menghasilkan uang. Hal ini dimungkinkan dengan platform baru bernama SoundOn yang dirilis oleh TikTok. Melalui platform SoundOn, semua orang yang mengunggah musik di TikTok akan memperoleh royalti. 

Royalti akan diperoleh ketika ada pengguna TikTok yang menggunakan musik untuk membuat video. Pada tahun pertama, pengunggah musik akan memperoleh royalti sebesar 100 persen. Nilai ini berubah menjadi 90 persen pada tahun selanjutnya. Semakin banyak digunakan, semakin besar pula nilai royalti yang akan diterima oleh kreator.

Baca Juga : 7 Aplikasi Streaming Lagu Andalan Pengguna Smartphone

8. Membuat Konten Bersponsor

Membuat Konten Bersponsor

Untuk menghasilkan uang dari platform TikTok, Anda juga bisa membuat konten bersponsor. Konten tersebut ditujukan untuk mempromosikan suatu barang atau jasa. Konten seperti ini harus disertai dengan menggunakan tombol konten bermerek seperti ketentuan yang berlaku di TikTok.

Nah, inilah beberapa cara mendapatkan uang di TikTok yang bisa dilakukan dengan mudah. Platform ini bukan lagi hanya untuk bersenang-senang, tetapi juga bisa menjadi sumber penghasilan. Namun, Anda harus rajin mengelolanya dan mengunggah konten yang menarik agar menjangkau audiens yang lebih banyak. 

Baca Juga : 8 Aplikasi Penghasil Rupiah yang Bikin Tabungan Gemuk

Related Posts

Leave a Comment