iPhone Terlalu Panas? Inilah 8 Cara Yang Bisa Kamu Lakukan

by Christian Wiranata
0 comment

Ketika sedang mengoperasikan iPhone, tiba-tiba kamu merasakan suhunya meningkat. Ponsel terasa lebih panas dari yang seharusnya. Saat itu terjadi, kamu tidak perlu panik. Amati terlebih dahulu, apakah suhu tersebut sudah mencapai titik overheating atau masih dalam batas wajar. 

iPhone dirancang untuk bekerja paling baik saat suhunya berada di antara 0°C – 35°C atau sekitar 35 – 90°F. Jadi, jika suhu iPhone kamu masih berada di  batas ambang yang sudah ditentukan, kamu bisa merasa lega. Kamu hanya perlu mengistirahatkannya sejenak. Namun, jika sudah di atas dari suhu yang bisa ditoleransi, mulailah untuk waspada dan cobalah 8 cara mengatasi iphone panas ini. 

Ketahui Dulu Penyebab iPhone Mudah Panas

Jika kamu merasa iPhone sudah sering mengalami overheating dan kinerjanya semakin lambat sewaktu digunakan, kamu bisa mencari tahu penyebab-penyebabnya di sini.

Aplikasi mengalami crash 

Sewaktu kamu menyadari iPhone sudah terasa lebih panas, mulailah untuk mengingat kira-kira aplikasi apa yang baru saja diinstal. Pasalnya, bila aplikasi tersebut tidak terinstall dengan benar, bisa menyebabkan ponsel menjadi overheating, serta aplikasi akan lebih sering mengalami crash

Bukan hanya aplikasi yang aktif digunakan yang bisa mengalami crash, tetapi juga aplikasi yang berjalan di background. Lantaran tidak aktif digunakan, kamu mungkin tidak sadar jika ternyata aplikasi tersebutlah yang menyebabkan iPhone mulai panas. 

Ada bug pada software iOS

Bukan hanya aplikasi yang diinstal oleh user yang bisa jadi sebab iPhone mengalami overheating. Bug pada iOS juga bisa jadi penyebabnya. Untuk memastikannya, kamu bisa memperbarui versi iOS ke yang lebih baru atau membawanya ke service center resminya. 

Mengisi daya sambil dipakai untuk bermain

Ponsel seakan tidak bisa dijauhkan dari aktivitas harian. Lantaran rasa ingin selalu update tentang berita di media sosial atau terus bermain gim, kamu mengisi daya sambil terus menggunakannya. Daya sudah full 100% pun, masih kamu charge. Akibatnya, iPhone dapat mengalami overheats. Baterai pun akan lebih cepat rusak. 

Baca juga: Baterai Boros? Ini 10 Cara Menghemat Baterai Hp Kalian!

Casing yang justru memerangkap panas

Ada banyak jenis casing yang beredar di pasaran. Bisa jadi, salah satu casing yang kamu gunakan ternyata memerangkap panas yang dikeluarkan oleh ponsel. Akibatnya, panas akan terus bertahan selama ponsel digunakan dan lama kelamaan mengalami overheat. Karena itu, usahakan untuk membeli casing yang dapat mengeluarkan udara panas agar suhu iPhone tetap terjaga. 

8 Tips Mudah Mendinginkan iPhone yang Mulai Panas

Nah, cara mengatasi iPhone panas, bisa dilakukan dengan 8 langkah ini. 

Keluarkan dari casingnya.

Salah satu penyebab iPhone mengalami overheats bisa jadi karena casing yang digunakan tidak mampu mengeluarkan panas dan justru memerangkapnya di dalam. Untuk itu, ketika kamu merasa suhu iPhone mulai meningkat, segera lepaskan casing. Istirahatkan sejenak ponsel untuk tidak digunakan beraktivitas sampai merasa suhu sudah menurun. 

Hindari penggunaan di bawah sinar matahari langsung.

Apple telah merancang iPhone akan dapat digunakan dengan baik ketika berada di bawah suhu 0°C – 35°C. Maka, usahakan untuk tidak meletakkan iPhone di bawah terik matahari atau meninggalkannya di dalam mobil yang menyala. 

Ketika kamu sedang berlibur di suatu tempat yang sangat terik, simpan iPhone di dalam tas atau di tempat teduh. Tahan diri untuk menggunakan ponsel jika memungkinkan.

Paksa keluar dari aplikasi gim

Aplikasi gim ketika digunakan dalam rentang waktu yang lama, akan memakan memori yang cukup banyak dan membebani prosesor. Akibatnya, ponsel akan mudah panas. Untuk itu, segera keluar dari aplikasi gim ketika suhu iPhone mulai meningkat. 

Baca juga: 20+ Game Online Android Terbaik, Cocok untuk Temani Aktivitasmu!

Matikan Bluetooth 

Bluetooth juga bisa meningkatkan suhu ponsel ketika diaktifkan. Maka, segera matikan dengan cara klik settings – bluetooth dan matikan. Atau bisa juga dengan menggeser layar ke atas kemudian ketuk ikon Bluetooth.

Matikan GPS dan direction map 

Ketika GPS dan direction map sudah mulai diaktifkan, iPhone akan mudah sekali panas. Jika terus digunakan, ponsel dapat mengalami overheat. Untuk itu, segera matikan dengan cara klik Pengaturan – Privasi – GPS. 

Putuskan sambungan pengisi daya.

Sewaktu ponsel dalam proses pengisian daya, arus yang mengalir masuk dapat menyebabkan suhu ponsel meningkat. Ketika dirasa suhunya sudah melebihi dari batas wajar, segera cabut charger dan diamkan iPhone untuk mendinginkannya. 

Cek juga apakah kabel yang kamu gunakan sudah asli atau palsu. Sebab, jika kabel tersebut palsu, dapat membebani baterai yang menyebabkan ponsel menjadi terlalu panas sewaktu digunakan untuk pengisian daya. Selain menambah keawetan baterai, hal ini juga bisa membuat baterai kamu lebih hemat.

Aktifkan mode pesawat

Kamu bisa juga mengaktifkan mode pesawat untuk mendinginkan suhu ponsel yang mulai overheats. Ketika mode pesawat aktif, semua proses yang sedang berjalan akan dinonaktifkan dan jaringan internet mati. Sehingga ponsel bisa beristirahat sejenak. 

Matikan iPhone sepenuhnya lalu hidupkan kembali

Cara terakhir, kamu bisa mematikan iPhone dan mendiamkannya sejenak sampai dirasa suhunya sudah kembali normal. Selanjutnya, hidupkan kembali untuk dipakai beraktivitas. 

Itulah 8 tips cara mengatasi iPhone Panas yang bisa kamu lakukan. Hindari hal-hal yang bisa menjadi sebab ponsel gampang panas, ya agar iPhone lebih awet.

Related Posts

Leave a Comment