Ini Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di Android Kamu!

by Christian Wiranata

Foto merupakan salah satu cara untuk mengabadikan momen. Melalui potret hasil tangkapan kamera ini, kamu pun dapat mengenang pengalaman dan cerita yang terjadi di waktu tersebut.

Teknologi pun semakin mempermudah manusia untuk mengabadikan waktu-waktu terbaik yang ingin diabadikan. Kini cukup dengan berbekal smartphone Android yang dijual dengan harga semakin terjangkau, kamu bisa lebih praktis saat berburu foto.

Namun sayangnya, beberapa kondisi terkait smartphone seperti memori yang penuh contohnya ketika kalian tak sengaja menghapus foto yang telah diedit menggunakan aplikasi edit foto ataupun dalam kondisi mendesak membuatmu harus menghapus beberapa gambar yang bahkan masih ingin disimpan. Berita baiknya, ada beberapa cara mengembalikan foto yang terhapus yang dapat kamu lakukan seperti berikut.

Menggunakan Aplikasi DiskDigger 

Salah satu keunggulan aplikasi recovery yang satu ini adalah ukurannya yang sangat ringan, yakni sekitar 2 MB saja sehingga tak akan memberatkan kinerja RAM. Selain itu, meski dapat diunduh secara gratis di Google Play Store, tidak terlalu banyak iklan dalam aplikasi sehingga kamu pun dapat memanfaatkan fitur dan fungsinya dengan lebih nyaman.

DiskDigger Photo Recovery dapat dioperasikan dengan sangat mudah. Setelah menginstalnya, lakukan langkah-langkah berikut.

  1. Buka aplikasi, pilih Start Basic Photo Scan.
  2. Pilih folder yang akan dipulihkan.
  3. Biarkan pemindaian berjalan sampai selesai.
  4. Aplikasi akan menunjukkan file yang terhapus.
  5. Klik tombol Recovery.
  6. Selesai, foto akan kembali ke penyimpanan.

Sayangnya, DiskDigger Photo Recovery baru akan secara bekerja secara maksimal pada hp yang sudah dilakukan proses rooting. Jika hp-mu belum pernah di-rooting, maka kemungkinan resolusi foto yang dipulihkan tidak setinggi aslinya.

Menggunakan Deleted Photo Recovery 

Deleted Photo Recovery merupakan aplikasi simpel lain yang dapat kamu manfaatkan untuk mengembalikan foto yang terhapus dari hp Android. Kurang dari lima menit saja, kamu sudah bisa mendapatkan kembali gambar kesayangan.

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah–tentu saja—men-download aplikasi tersebut dari Google Play Store. Setelah itu, lakukan instalasi dan beberapa tahap ini.

  1. Buka aplikasi Deleted Photo Recovery.
  2. Lakukan pemindaian pada hp.
  3. Tunggu beberapa saat, aplikasi akan mengembalikan foto-foto yang terhapus.

Menggunakan Dumpster

Cara mengembalikan foto yang terhapus di smartphone Android ini sebenarnya merupakan tindakan preventif. Karena itu, jika kamu termasuk pengguna yang sering beberes memori dan menghapus beberapa foto tetapi kemudian menyesal karena gambar tersebut masih dibutuhkan atau diinginkan, gunakan metode ini.

Aplikasi Dumpster merupakan software yang bekerja sebagai keranjang sampah untuk data-data yang kamu hapus dari hp. Dumpster akan mencadangkan dan menyimpan semua data yang baru saja kamu hapus. Ibarat komputer Windows, Dumpster merupakan fitur Recycle Bin.

Kamu bisa mengunduh secara gratis di Google Play Store. Setelah mengunduh dan melakukan instalasi, berikut beberapa langkah yang bisa kamu lakukan untuk mengembalikan foto terhapus yang dimaksud.

  1. Buka aplikasi Dumpster.
  2. Dumpster akan menampilkan daftar file yang terhapus.
  3. Cari foto yang akan dikembalikan, lalu akhiri dengan klik.
  4. Tekan tombol Pulihkan (tombol ini hanya akan terlihat setelah kamu memilih foto atau file yang dimaksud).
  5. Selesai, foto akan kembali ke folder asalnya.

Menggunakan Digdeep Image Recovery

Aplikasi ini cukup banyak direkomendasikan karena kendalannya dalam mengembalikan foto yang terhapus cukup tinggi. Sayangnya, Digdeep Image Recovery hanya dapat dipakai pada hp Android yang sudah dalam kondisi root. 

Untuk memanfaatkan fitur aplikasi ini, kamu bisa melakukan download terlebih dahulu di Google Play Store. Setelah selesai dan terinstal, ikuti beberapa langkah berikut.

  1. Buka aplikasi.
  2. Klik tombol Start untuk memulai proses scanning.
  3. Pilih foto yang akan dipulihkan.
  4. Klik Restore.
  5. Selesai.

Proses pemulihan yang dilakukan Digdeep Image Recovery sangatlah cepat. Selain itu, pengembalian foto yang terhapus juga dapat dilakukan untuk foto yang tersimpan baik di memori internal maupun eksternal.

Menggunakan Google Photo

Google Photo merupakan fitur bawaan Google yang menawarkan solusi preventif agar foto tidak benar-benar terhapus dan lenyap dari hp-mu. Aplikasi ini juga memungkinkanmu menyimpan foto tanpa batas dengan catatan resolusi tidak melebihi 16 MP. Jika ingin kualitas yang lebih baik, maka penyimpanan akan dilakukan berdasarkan kuota penyimpananmu di Google, termasuk gmail.

Kamu bisa memanfaatkan fitur untuk mengembalikan foto hanya jika kamu sudah terlebih dahulu menggunakan aplikasi Google Photo. Setelah terinstal, kamu pun bisa melakukan pengaturan untuk menu Backup & Sync. PIlihlah periode waktu berikut metode apa saja yang kamu butuhkan.

Google Photo secara otomatis juga akan mencadangkan fotomu ke cloud. Dengan begitu, kamu pun dapat mengakses foto yang dimaksud dari perangkat lain, baik komputer maupun tablet.

Nah, itulah beberapa cara mengembalikan foto yang terhapus di hp Android yang dapat kamu lakukan. Semuanya terbilang cukup sederhana dan cepat, sehingga pilih saja yang paling nyaman buatmu, ya!

Related Posts

Leave a Comment