Ikuti Rekomendasi Cara Reboot HP Android dengan Benar

by Christian Wiranata
0 comment

Menghadapi HP yang tiba-tiba hang atau memberikan respon yang lambat memang sangat menjengkelkan, apalagi ketika kamu sedang sangat membutuhkannya. Hal tersebut tentu saja dapat diatasi dengan banyak cara. Namun, kamu juga perlu mengetahui penyebabnya terlebih dahulu agar dapat menentukan cara yang tepat untuk memperbaikinya.

Salah satu penyebab HP yang lambat dalam merespon adalah menumpuknya cache saat proses pemasangan aplikasi. Untuk mengatasi hal tersebut, kamu perlu mengetahui cara reboot HP android agar ponsel dapat bekerja secara normal kembali. Simak pembahasan lengkapnya dalam artikel berikut ini.

Pengertian Reboot

Reboot adalah proses reset yang dilakukan untuk membuat ponsel menjadi normal kembali. Langkah yang bisa dilakukan adalah dengan mematikan perangkat. Dengan memantikan perangkat tersebut, kamu dapat menutup dan membuka kembali sistem operasi yang dijalankan. Selain itu, tujuannya adalah untuk mengembalikan perangkat ke dalam pengaturan pabrik sehingga perangkat terasa seperti baru.

Cara Melakukan Reboot HP yang Aman dan Benar

Jika kamu ingin melakukan reboot terhadap perangkat yang semakin lambat merespon, terdapat tiga cara yang dapat dilakukan. Berikut adalah rekomendasi cara yang dapat dilakukan dengan aman dan benar:

Melalui menu pengaturan di android

Ilustrasi icon menu pengaturan

Cara yang satu ini tentu merupakan cara yang paling mudah. Akan tetapi, sebelum melakukannya, kamu perlu mencadangkan ulang file-file penting, seperti foto, video, dan yang lainnya terlebih dahulu. Pencadangan tersebut dapat dipindahkan ke dalam laptop ataupun hardisk eksternal. Tujuannya adalah agar file penting tersebut dapat tersimpan secara aman ketika proses rebooting. Simak langkah-langkahnya di bawah ini:

  • Masuklah ke menu Pengaturan, scroll ke bawah dan temukanlah menu Back up & Reset.
  • Kemudian, ketuk Factory data reset, dan pilihlah opsi yang mneurutmu benar.
  • Setelah itu, ketuk Reset device dan tunggulah prosesnya selama 3-10 menit.
  • Jika sudah selesai, maka HP android tersebut akan me-restart dengan sendirinya, apabila tidak otomatis, maka kamu dapat melakukannya secara manual.

Melakukan Hard Reset

Ilustasi seseorang sedang melakukan hard reset pada handphone nya yaitu menekan tobol power dan volume up secara bersamaaan

Selain itu, kamu pun dapat melakukan hard reset apabila cara sebelumnya tidak terlalu bekerja secara maksimal. Hard reset ini juga dikenal dengan factory reset yang membuat aplikasi di ponsel hilang, kecuali aplikasi bawaan. Tidak hanya itu, semua file yang terdapat dalam memori internal pun akan terhapus secara otomatis.

Oleh karena itu, penting sekali untuk melakukan pencadangan ulang terhadap file-file penting, seperti kontak, SMS, dan juga file yang lainnya. Cara yang dapat kamu lakukan di antaranya adalah:

  • Tekan tombol power dan volume up secara bersamaan.
  • Kemudian, bila muncul opsi “Recovery Mode”, maka pilihlah opsi tersebut.
  • Jika tidak muncul, maka gunakan kombinasi antara tombol power + volume up + volume down atau power + volume down, bisa juga dengan mengkombinasikan power + volume up + volume down + tombol home. Kemudian, pilihlah opsi Wipe Data/Factory Reset dan tekan OK. Manfaatkan tombol volume sebagai navigasi dan home sebagai eksekusi.
  • Setelah itu, tunggulah hingga proses rebooting selesai dan HP dapat kamu gunakan kembali.

Melakukan panggilan khusus

Ilustrasi seseorang sedang mengetik nomor telepon

Tahukah kamu bahwa cara reboot HP android juga dapat dilakukan dengan melakukan panggilan khusus? Tentu saja cara ini sangat mudah untuk dilakukan saat kamu sudah selesai melakukan pencadangan ulang terhadap file-file penting yang dimiliki.

Caranya adalah buka menu Telepon dan ketik *#*#7780#*#* untuk melakukan soft reset dan *2767*3855# untuk melakukan hard reset. Setelah itu, tunggulah prosesnya selesai dan pilih opsi restart. Dengan cara tersebut, ponselmu sudah pasti tidak akan lambat lagi dalam merespon perintah.

Kelebihan melakukan proses rebooting pada HP android

Dengan melakukan proses rebooting tersebut, kamu tentu akan mendapatkan beberapa kenyamanan, di antaranya adalah:

Sistem menjadi lebih cepat

Jika kamu berani melakukan proses rebooting, maka sistem pun akan kembali berjalan dengan lancar. Dengan begitu, seluruh file sampah dan file sementara yang tidak terpakai pun akan dihapus. Kamu pun dapat menggunakan ponsel secara optimal kembali.

RAM jadi lebih ringan

Adanya proses rebooting ini membantumu dalam mengosongkan RAM yang sudah terlalu penuh. Penuhnya kapasitas RAM tentu saja akan membuat kinerja ponsel semakin melambat. Oleh karena itu, RAM yang sesak dengan file yang tidak diperlukan pun bukan lagi menjadi masalah besar jika kamu melakukan proses rebooting yang baik dan benar.

Mengatasi masalah gagal sistem

Terkadang selalu ada aplikasi bermasalah yang menyebabkan ponsel tidak dapat diakses dengan baik. Hal tersebut juga dapat menyebabkan fitur tiba-tiba menjadi hilang tanpa sebab yang jelas. Oleh karena itu, dengan melakukan proses rebooting, kamu dapat menghindari masalah tersebut. Itulah beberapa rekomendasi untuk cara reboot HP android yang dapat kamu lakukan. Cara-cara tersebut memiliki risiko masing-masing. Akan tetapi, jika sudah melakukan pencadangan ulang yang tepat, maka semuanya akan bekerja dengan optimal seperti sedia kala.

Baca Juga: 3 Rekomendasi Cara Root HP Android yang Aman, Apa Saja?

Related Posts

Leave a Comment