Harus Tahu! 10 Aplikasi Belajar Dirumah Plus Tips Efektif Belajar

by Christian Wiranata
0 comment

Sekarang ini tuh kamu bisa belajar di mana saja. Kalau kamu punya device dan juga internet di rumah, semuanya akan makin gampang. Ada beberapa aplikasi belajar dirumah yang bisa kamu pakai loh! Tapi pastinya kamu juga harus paham cara memakainya dengan cerdas.

Pelajar Indonesia sekarang banyak memanfaatkan aplikasi online supaya masih bisa belajar maksimal meskipun lagi di rumah. Aplikasi-aplikasi yang dijelaskan di sini ada yang dirancang sama pemerintah maupun pihak swasta yang peduli dengan pendidikan:

1. IndonesiaX

Aplikasi buatan anak Indonesia ini diperuntukkan bagi semua kalangan masyarakat, jadi kalaupun kamu sudah ga sekolah, tetap bisa menuai manfaatnya. Di sini, ada banyak instruktur yang ahli di bidang mereka sendiri-sendiri. Kamu bisa ikut kelas yang sesuai dengan minat dan belajar keterampilan baru.

Baca juga: Makin Jago Inggris, 5 Aplikasi Belajar Bahasa Inggris Terbaik

2. Kipin School 4.0

Kamu bisa dapat banyak materi belajar di dalam aplikasi ini. Ada buku-buku elektronik cetakan Kemdikbud yang bisa diunduh gratis oleh siswa. Yang mengasyikkan adalah kamu juga bisa mengecek sejauh mana kamu paham pelajaran dengan ikut kuis yang disediakan. Kipin didesain buat anak SD sampai SMA.

3. seTARA Daring

Aplikasi yang dirancang sama Kemdikbud ini terutama didesain untuk guru. Guru bisa melakukan berbagai tugas penting seperti: merencanakan kegiatan belajar-mengajar, melaksanakan kegiatan pembelajaran dengan siswa, dan evaluasi pembelajaran. Manajemen kelas jadi ga keteteran meskipun murid belajar dari rumah.

4. Brainly

Gamifikasi bikin aplikasi ini salah satu aplikasi belajar paling populer di Indonesia. Aplikasi ini menampung siswa dari jenjang SD ke SMA. Kamu bisa menanyakan pertanyaan tentang pelajaran yang ga dipahami. Setiap orang yang menjawab pertanyaan akan dapat skor. Tentunya ini membuat anak-anak lebih semangat.

5. Meja Kita

Kalau aplikasi ini basisnya lebih ke arah komunitas. Kamu dapat ketemu sama murid-murid dari berbagai sekolah di Indonesia. Di sini murid-murid membahas materi yang sedang mereka pelajari di kelas. Kalau ada soal-soal yang sulit dikerjakan, murid juga bisa bertanya ke sesama murid lainnya di sini. Sifatnya sangat kolaboratif.

Baca juga: Menjawab Tantangan Belajar, 8 Aplikasi Belajar Mandarin Jempolan

6. Google for Education

Dulu aplikasi ini tidak terlalu sering dipakai, dan barulah ketika pandemi penggunaannya lebih umum. Hal paling menarik dari penggunaan aplikasi ini adalah anak-anak sekolah masih bisa dapat materi pelajaran walau koneksi internet mereka jelek. Karena itu aplikasi ini mulai digalakan di daerah yang susah internet.

7. Kelas Pintar

Aplikasi belajar dirumah ini sistemnya dibuat mirip sekali dengan kelas sehari-hari, tapi virtual. Yang enak adalah setiap pengguna punya Dashboard sendiri sesuai sama perannya. Ada Dashboard buat siswa, guru, dan bahkan orang tua. Di sini kegiatan belajar mengajar bisa dilakukan dengan interaktif.

8. Rumah Belajar

Kemdikbud mendesain aplikasi ini untuk dimanfaatkan secara cuma-cuma sama semua penggiat pendidikan Indonesia. Di aplikasi ini kamu bisa download buku sekolah elektronik. Ada fitur-fitur menarik lainnya kayak laboratorium virtual dan juga bank soal yang pastinya membantu siswa yang  belajarnya di rumah.

9. Microsoft Office 365

Aplikasi ini penggunaannya lebih ke arah menunjang pembelajaran jarak jauh. Guru dan siswa bisa mendaftar akun gratis dan dapat fasilitas-fasilitas keren, seperti penyimpanan data dan juga video conference tanpa biaya. Guru-guru bakal lebih gampang mengatur kelas pakai bantuan Microsoft Office 365.

10. Icando

Anak-anak yang masih di tingkat pendidikan untuk usia dini sering kesulitan. Orang tua yang bingung kadang malah mengarahkan anaknya untuk nonton video saja di media sosial. Icando adalah aplikasi yang didesain khusus untuk anak-anak belia ini. Ada banyak materi yang sesuai sama Kurikulum 2013 di sini.

Tips-tips Biar Belajar Tetap Efektif di Rumah

Apakah pakai aplikasi-aplikasi keren seperti yang disebut di atas menjamin kamu bisa belajar lancar di rumah? Justru banyak siswa merasa sulit mengatur diri kalau belajar di rumah. Kamu bisa ikuti tips-tips di bawa ini biar belajar di rumah lebih efektif:

  • Merancang rencana belajar sendiri dan berbagi rencana tersebut sama teman
  • Membangun rutinitas belajar agar tetap ikut jadwal sekolah
  • Punya tempat sendiri yang nyaman buat kegiatan pembelajaran
  • Buat catatan yang ditulis tangan meskipun kelas online
  • Ga melakukan banyak hal dalam satu waktu karena konsentrasi bakalan buyar
  • Usahakan supaya anggota keluarga lain ga akan mengganggu saat kamu belajar

Walaupun kamu berada di rumah, bisa duduk santai, dan bahkan ngemil saat belajar bukan berarti kamu harus belajar nonstop. Kamu harus punya waktu untuk istirahat dan bergerak secara aktif. Kamu bisa istirahat setiap 45 menit sekali Jangan lupa juga untuk terus keep in touch sama teman-teman biar kebutuhan sosial terpenuhi.Pakai aplikasi belajar dirumah yang mutakhir membuat tetap bisa ikut pelajaran tanpa ketinggalan. Tapi bukan berarti belajar di rumah itu mudah dilakukan ya. Tips-tips yang disebutkan sebelumnya bisa kamu terapkan buat mendukung kegiatan belajarmu. Hasil bakal jauh lebih efektif kalau dilakukan sama-sama.

Related Posts

Leave a Comment