Gak Perlu Khawatir, Begini Cara Mengetahui Hp yang Disadap!

by Christian Wiranata

Keamanan data merupakan hal fundamental yang sangat penting dalam sekaligus berisiko dalam komunikasi dunia maya. Maraknya praktik hacking dan kejahatan cyber ini pun benar-benar terjadi di dunia nyata tak cuma di film-film, lho! Korbannya pun dapat siapa saja, termasuk kamu. Salah satunya yang beberapa waktu terakhir sempat marak adalah penyadapan. Aktivitas ini dapat mencuri data-data penting pemilik hp android dan iOS untuk hal-hal yang bersifat merugikan. Namun setidaknya, ada beberapa cara mengetahui hp disadap atau tidak seperti berikut ini untuk meminimalisasi risiko lebih jauh. 

Menggunakan WhatsApp

Penyadapan sebenarnya tidak harus selalu oleh orang asing yang ingin mengambil keuntungan secara materi darimu. Pada banyak kasus, penyadapan bahkan dilakukan oleh teman dekat maupun pasangan sendiri. 

Adapun cara paling mudahnya adalah melalui WhatsApp sebab untuk melakukannya, mereka membutuhkan hp dan akun WhatsApp-mu. Namun tenang saja, kamu pun bisa mengecek untuk melihat apakah akunmu sedang disadap atau tidak.

Periksa WhatsApp Web melalui smartphone-mu. Kalau ternyata kamu melakukan log in di perangkat apalagi lokasi yang tidak dikenal, berarti memang ada yang sedang menyadapmu lewat aplikasi pesan instan ini. Kamu pun bisa segera menghentikan proses penyadapan dengan log out dari semua perangkat yang terhubung dengan WhatsApp di hp milikmu.

Baca Juga: Bingung dan Kudet? Ini Cara Membuat Stiker di WA Mudah

Hp Susah Dimatikan

Ciri hp sedang disadap berikutnya adalah semakin lamanya waktu yang dibutuhkan smartphone untuk mati. Jika kamu menemukan kesulitan untuk mematikan hp (kondisi power off), apalagi ada beberapa aktivitas aneh di ponsel saat sedang digunakan, boleh jadi hp-mu memang sedang disadap.

Mengapa demikian? Pasalnya, hp akan selalu menyelesaikan semua aktivitasnya sebelum dalam kondisi off karena dimatikan (bukan karena kehabisan baterai). Artinya jika hp mendadak membutuhkan waktu lebih lama padahal kamu tidak menggunakan aplikasi apa pun, maka ada proses yang sedang berjalan di latar belakang.

Dalam kasus penyadapan, hp menjadi sulit dimatikan karena adanya aktivitas mengirim informasi dari hp-mu ke perangkat pihak ketiga alias si penyadap. Hal ini biasanya lebih sering terjadi setelah adanya aktivitas email, perpesanan singkat, telepon, dan browsing. 

Melakukan Dial Nomor Hp

Cara mengetahui hp disadap atau tidak juga dapat kamu lakukan melalui dial up. Hal ini berlaku untuk apa pun jenis operator yang digunakan.

Pertama adalah dengan melakukan panggilan ke nomor *#21#. Jika kamu tidak pernah melakukan aktivasi pengalihan panggilan tetapi layanan ini aktif, itu artinya ada yang sedang menyadapmu. 

Selain itu, kamu juga dapat melakukan dial up ke nomor *#61#. Hampir sama dengan sebelumnya, cara ini akan menunjukkan apakah ada penerusan panggilan atau tidak. Jika kamu tidak pernah melakukan aktivasi layanan penerusan panggilan tetapi muncul keterangan ‘Forwarding’ disertai sederet nomor setelah melakukan dial up, maka hp-mu sedang disadap oleh nomor yang tertera tersebut.

Terdapat Pesan Teks Aneh

SMS tak dikenal seperti broadcast iklan memang sering terjadi dan mengganggu kenyamanan. Namun jika kamu menerima pesan teks yang aneh dengan isinya berupa nomor, simbol, atau karakter acak, maka bisa jadi keamanan datamu yang terganggu.

Pesan teks aneh tersebut kemungkinan adalah tanda-tanda bahwa kamu sedang dimata-matai. Adapun pengiriman pesan teks itu dilakukan menggunakan fitur remote control dari software penyadapan.

Guna menghapus aplikasi penyadap yang diam-diam diinstal ke hp-mu itu, lakukan factory reset. Namun tentu saja, pastikan kamu terlebih dahulu melakukan back up data sebelum melakukannya agar data-data penting tetap aman.

Pesan Sudah Terbaca Duluan

Kamu bisa juga mengecek apakah hp-mu disadap atau tidak melalui pesan-pesan singkat yang masuk ke smartphone, baik melalui SMS maupun berbagai aplikasi pesan instan seperti WhatsApp, Line, dan sebagainya. 

Caranya pun sangat mudah. Jika kamu menemukan ada (atau bahkan beberapa dan banyak) pesan yang sudah terbuka (terbaca) padahal kamu tidak pernah membuka atau bahkan mengetahui pesan tersebut masuk ke hp, besar kemungkinan bahwa kamu memang tengah menjadi korban penyadapan.

Hal ini terjadi lantaran pihak penyadap sudah lebih dulu membuka pesan tersebut. Begitu pesan masuk, maka pesan tersebut juga akan diduplikasi dan diteruskan ke perangkat si penyadap. Sehingga sebelum kamu menyadari adanya pesan tersebut, penyadap sudah lebih dulu mengetahuinya.

Nah, itulah beberapa cara mengetahui hp disadap yang dapat kamu lakukan. Jika selama ini menemukan beberapa kejanggalan, jangan ragu untuk segera melakukan pengecekan. Sebisa mungkin, lakukanlah pemeriksaan tersebut secara berkala pula.

Kamu pun bisa menghindari agar penyadapan tidak terjadi padamu. Adapun beberapa cara sederhananya adalah dengan melakukan log out secara rutin pada aplikasi maupun perangkat yang membutuhkan datamu (username dan password), tidak sembarangan mengakses situs dan menginstal aplikasi, dan mengabaikan panggilan dari nomor yang tidak dikenal apalagi diprivat.

Semoga membantu!

Related Posts

Leave a Comment