Cara Menggandakan Aplikasi Tanpa Ribet

by Christian Wiranata
0 comment

Era digital semakin membuka peluang bagi banyak orang untuk mengkopi segala sesuatu. Misalnya: usaha untuk meniru tulisan terkenal atau plagiasi. Banyak juga yang menggunakan fitur copas (copy+paste) untuk mengkopi segala sesuatu. Tujuannya tentu saja untuk memindahkan materi tulisan atau gambar dari satu laman ke laman lainnya.

Lalu, bagaimana dengan cara menggandakan aplikasi? Tentu saja, tidak butuh waktu lama agar ada teknologi yang mewujudkan kemungkinan tersebut. Apalagi, kini banyak yang punya akun media sosial yang sama, namun lebih dari satu. Misalnya: akun Instagram pertama untuk kebutuhan pribadi, sementara satunya lagi untuk keperluan bisnis.

Yang jadi masalah adalah saat harus bergantian menggunakannya. Login ke satu akun sebelum logout dan pindah ke akun lainnya cukup ribet. Bahkan, tidak jarang kesalahan konyol terjadi. Misalnya: pernah ada staf humas yang memposting foto penyanyi favorit di akun bisnis kliennya tanpa sengaja. Staf tersebut baru sadar saat postingannya menjadi viral dan dia pun kena marah di tempat kerja 

Akibatnya, pelaku pun dipecat dan kehilangan pekerjaan.

Nah, agar tidak sampai terjadi lagi, inilah empat (4) cara menggandakan aplikasi yang efektif:

Dengan Parallel Space.

Pertama, unduh Parallel Space. Tekan tombol ‘continue’ dan berikan izin akses kepada Parallel Space untuk masuk ke ponselmu. Setelah itu, Parallel Space akan mengarahkanmu ke beragam pilihan aplikasi yang ingin kamu gandakan. Pilihlah aplikasi yang ingin digandakan dan tambahkan (add) ke Parallel Space.

Bila aplikasi yang ingin digandakan ada 64bit, Parallel Space akan meminta izin untuk install dukungan aplikasi tersebut. Berikan saja. Sesudah aplikasi pendukung berhasil dipasang, bukalah Parallel Space dan mulai menggandakan. Selesai.

Dengan 2Face.

Cara menggandakan aplikasi dengan 2Face juga cukup mudah. Pertama, unduh 2Face dan buka aplikasinya begitu selesai diunduh. Berikan izin dengan klik kotak permintaan akses 2Face ke ponselmu. Aplikasi ini akan memindah (scan) semua aplikasi lain yang ada di ponselmu. Pilihlah aplikasi yang ingin dikloning.

Setelah itu, tekan tombol add to multi-master dan tunggu sebentar. Biarkan 2Face mengkloning aplikasi yang sudah kamu pilih. Begitu proses penggandaan aplikasi selesai, saatnya menggunakan 2Face. Selesai.

Dengan 2Accounts.

Cara menggandakan aplikasi dengan 2Accounts mirip-mirip dengan prosedur dua aplikasi sebelumnya. Aplikasi ini juga menyediakan virtual space untuk aplikasi yang ingin digandakan. Dengan cara ini, kamu bisa mengakses aplikasi tersebut lewat dua akun yang berbeda.

Prosesnya juga mudah. Pertama, unduh dulu 2Accounts. Buka aplikasinya dan deteksi aplikasi lain yang bisa digandakan secara otomatis. Setelah itu, carilah aplikasi yang ingin kamu cloning. Bila tidak terlihat di tampilan awal, tekan tombol add untuk mencari aplikasi tersebut.

Sudah selesai menambahkan semua aplikasi yang ingin dikloning? Bagus. Sekarang saatnya menekan tombol enable. Proses penggandaan aplikasi pun mulai berjalan. Begitu prosesnya selesai, semua aplikasi yang sudah dikloning pun bisa langsung diakses lewat aplikasi 2Accounts. Selesai.

Tanpa Aplikasi Tambahan.

Enggan menambah aplikasi karena takut ponsel jadi berat, padahal ingin menggandakan aplikasi? Tenang, ternyata masih ada cara lain untuk melakukan hal tersebut. Cara terakhir adalah cara menggandakan aplikasi tanpa aplikasi tambahan. Mungkinkah ini bisa terjadi? Tentu saja, ini buktinya. Proses penggandaan aplikasi baru bisa dilakukan bila ponselmu punya versi MIUI/ memiliki merk hp Xiaomi. Dengan cara ini, kamu sudah tidak perlu lagi menambah aplikasi untuk mendukung penggandaan aplikasi lain. Dengan MIUI, ponselmu otomatis sudah mempunyai fitur kloning bawaan dari sistemnya secara langsung.

Inilah cara menggandakan aplikasi tanpa aplikasi tambahan:

Pertama, masuklah ke Setting untuk memilih menu Dual Apps. Lalu scroll pilihan aplikasi yang terdapat di dalam ponsel. Pilihlah aplikasi yang ingin dikloning atau digandakan.

Setelah itu, tekan tombol Switch di samping kanan. Proses kloning aplikasi pun dimulai. Namun, bila ini pertama kalinya menggunakan cara ini, sistem akan meminta penggandaan atas Google Service dulu. Bila sudah pernah melakukannya, maka kamu tinggal mengandalkan tombol Switch di dalam Dual Apps. Tentu saja, itu setelah memilih aplikasi yang ingin digandakan.

Bagaimana Bila Ponsel yang Digunakan Berbeda Brand?

Beda ponsel mungkin juga berarti beda sistem. Untuk amannya, telusuri dulu menu setting yang ada di ponsel tersebut. Bila mendukung untuk cara menggandakan aplikasi tanpa aplikasi tambahan, maka kamu tidak perlu lagi mengunduh aplikasi lain. Namun bila sistem pendukung tersebut tidak ada, mau tidak mau kamu harus memakai salah satu dari tiga cara di atas. Mau Parallel Space, 2Face, atau 2Accounts?

Sebenarnya, masih banyak lagi cara menggandakan aplikasi pada ponsel. Empat cara di atas hanyalah sebagian contoh yang ada. Penggemar dan ahli teknologi lain mungkin punya cara lain yang belum dipublikasikan. Apa pun itu, semoga caranya dapat bermanfaat bagimu. Dengan kata lain, jangan sampai kamu salah mampir akun lagi untuk memposting sesuatu. Yang ada, taruhannya nanti malah pekerjaanmu.

Related Posts

Leave a Comment