Cara Mengatasi HP yang Kena Air? Inilah Dia Pembahasannya

by Christian Wiranata
0 comment
Cara Mengatasi HP yang Kena Air? Inilah Dia Pembahasannya

Setiap barang elektronik memang sangat rentan jika terkena air, khususnya HP. Meskipun kini sudah banyak ditemukan jenis-jenis ponsel yang tahan akan air, tetapi tetap saja bagi kamu yang memiliki ponsel yang rentan terhadap air harus berhati-hati. Hal tersebut karena dikhawatirkan air yang masuk ke dalam ponsel dapat merusak komponen-komponen yang ada di dalamnya.

Akan tetapi, kamu tidak perlu khawatir, karena cara mengatasi HP yang kena air sudah bisa dilakukan tanpa perlu pergi ke service center. Langkah-langkah tersebut dapat kamu lakukan setidaknya untuk memberikan tindakan pertama agar tidak terjad kerusakan pada ponsel. Oleh karena itu, dalam artikel ini akan dibahas mengenai langkah-langkahnya secara lengkap.

8 Rekomendasi paling Efektif untuk Cara Mengatasi HP yang Kena Air

Bagi kamu yang ingin memperbaiki HP karena terkena air dan tidak ingin pergi ke tempat servis terlebih dahulu, cobalah langkah-langkah yang direkomendasikan di bawah ini:

Mengangkat HP secara langsung dari dalam air

Ilustrasi seseorang sedang mengangkat handphone yang tercebur ke dalam air

Ketika ponselmu tidak sengaja terjatuh ke dalam air, maka langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan langsung mengangkatnya. Hal ini penting untuk dilakukan karena air dapat masuk ke dalam komponen ponsel dari celah-celah sempit, seperti charger atau lubang jack earphone. Tujuan yang lainnya adalah untuk memastikan air tidak merembes masuk ke dalam ponsel.

Tidak langsung menyalakan ponsel

Ilustrasi seseorang sedang mematikan ponsel nya

Langkah selanjutnya adalah tidak langsung menyalakan ponsel ketika terkena air. Jika tujuan menyalakannya adalah untuk mengetahui apakah HP tetap berfungsi atau tidak, maka hindarilah untuk melakukannya. Kemudian, jika ponsel yang terkena air tersebut dalam keadaan hidup, maka segera matikan langsung.

Melepaskan SIM Card, kartu memori, dan baterai

Ilustrasi seseorang sedang melepaskan baterai handphone nya

Selanjutnya, langkah yang harus dilakukan ketika HP terkena air adalah melepaskan perangkat ponsel seperti kartu memori, kartu SIM, dan baterai jika ada. Pelepasan komponen-komponen di atas bertujuan untuk mencegah kerusakan yang lebih lanjut di area-area tersebut. Langkah ini juga dinilai efektif untuk solusi ketika HP terkena air.

Mengeringkan bagian HP secara menyeluruh

Ilustrasi seseorang sedang mengiringkan handphone nya yang basah menggunakan tisu kering

Bagian HP penting sekali untuk dikeringkan secara menyeluruh, baik bagian luar maupun bagian dalam. Keringkanlah terlebih dahulu bagian LCD atau layarnya, karena bagian inilah yang peling rentan rusak ketika terkena air. Penyebabnya adalah karena filamen yang terdapat dalam LCD sangatlah lunak dan tidak tahan pada kelembapan air.

Akibat dari layar LCD yang tidak dikeringkan adalah akan menimbulkan flek atau titik hitam di bagian layar ponsel. Hal tersebut tentu akan mengganggu saat menggunakan ponsel. Oleh karena itu, keringkanlah dengan menggunakan lap kering yang mudah dalam menyerap air. Kamu juga bisa menggunakan penghisap udara atau vacuum cleaner.

Mengubur HP ke dalam beras selama beberapa hari

Ilustrasi handphone dan baterai nya yang sudah terlepas di taruh ke dalam beras kering

Tahukah kamu bahwa dengan mengubur HP ke dalam beras dapat menjadi salah satu alternatif dari cara mengatasi HP yang terkena air. Cara yang diklaim cukup ampuh ini karena beras memiliki sifat menyerap kelembapan dan dapat membantu penyerapan air dari dalam ponsel dengan lebih mudah dan juga cepat. 

Langkah pertama dari cara ini adalah dengan menggunakan ziplock atau kantong plastik dan diisi dengan satu mangkok sedang beras bersih dan kering. Kemudian, letakkan bagian-bagian ponsel (kartu SIM, kartu memori, dan baterai jika ada) dan bodi ponsel ke dalam kantong tersebut. ikatlah dengan kencang dan diamkan dalam waktu 2-3 hari.

Memanfaatkan silika gel sebagai penyerap kelembapan

Ilustasi handphone yang terkubur silica gel

Menyerap kelembapan yang timbul setelah HP terkena air adalah dengan memanfaatkan silika gel. Silika gel ini diklaim dapat menjadi pencegah kondensasi atau pengembunan. Cara yang dapat kamu lakukan adalah dengan mengubur bagian-bagian ponsel yang sudah dilepas ke dalam tumpukan silika gel. Kemudian diamkan selama beberapa hari dan pastikan airnya sudah kering.

Menggunakan hair dryer

Ilustasi seseorang sedang mengeringkan handphone dengan hair dryer

Cara yang satu ini dapat kamu aplikasikan ketika speaker HP terkena air. Hal ini karena angin panas yang berasal dari hair dryer mampu mengeringkan embun air yang terdapat dalam speaker. Langkah yang dibutuhkan pun sangatlah mudah, yaitu nyalakan dan atur hair dryer menuju mode panas yang paling rendah. Kemudian, arahkan ke bagian speaker, dan berilah jeda sekitar 5-10detik untuk kemudian mengeringkannya kembali.

Tidak meniup bagian-bagian HP

Langkah terakhir yang dapat kamu lakukan agar HP yang terkena air dapat teratasi adalah tidak meniup bagian-bagian penting di dalam HP. Hal ini karena meniupnya akan membuat air semakin masuk ke dalam dan akan sulit untuk diserap keluar. Oleh karena itu, dibandingkan ditiup-tiup, mengeringkan bagian HP akan lebih efektif jika diletakkan di tempat dengan udara hangat. Itulah beberapa cara mengatasi HP yang terkena air yang dapat dilakukan sebelum benar-benar harus pergi ke tempat servis. Cara dan alat yang dibutuhkan pun sangatlah sederhana, sehingga tidak akan membuatmu kesulitan dalam melengkapinya.

Related Posts

Leave a Comment