Bikin Kesel? Ini 4 Cara Menghilangkan Iklan di Hp Termudah!

by Christian Wiranata

Smartphone Android memang memberi kemudahan ketika ingin berselancar di internet ataupun streaming online dengan aplikasi nonton film. Namun, ada satu hal yang kerap mengganggu kenyamanan selama berinternet, yakni iklan. Berbagai bentuk iklan sering membuat rasa nyaman berinternet jadi berkurang, mulai dari iklan pop-up, banner, video, hingga iklan full page. Untuk mengembalikan rasa nyaman berinternet, kamu perlu mengetahui cara menghilangkan iklan di hp yang efektif dan mudah.

Berkaitan dengan iklan di hp, kamu perlu memahami terlebih dahulu sumber pemicunya. Dengan begitu, kamu dapat menghilangkan iklan secara efektif dan tuntas. Dalam artikel ini, kamu dapat mencoba 4 metode untuk mengatasi iklan mengganggu di handphone beserta langkah-langkahnya. Cus disimak! 

1. Menggunakan Browser Google Chrome

Cara menghilangkan iklan di hp yang pertama bisa kamu lakukan lewat aplikasi Google Chrome. Tindakan ini dapat kamu lakukan untuk mengatasi kemunculan iklan mengganggu ketika memakai Google Chrome sebagai aplikasi browser. Caranya tidak terlalu sulit, yakni: 

  • Buka aplikasi Chrome dan pilih menu Settings. 
  • Selanjutnya, pilih opsi Site Settings. 
  • Pada bagian layar, terdapat pilihan untuk mengaktifkan pemblokiran iklan yang mengganggu. 

Selain mengikuti langkah-langkah tersebut, kamu dapat pula menggunakan Google Chrome dalam mode Lite. Mode ini disediakan oleh Google untuk mengurangi penggunaan paket data internet dan sekaligus mempercepat loading time website. Langkah-langkah yang perlu kamu lakukan untuk menggunakan Chrome dalam mode Lite adalah sebagai berikut: 

  • Buka Google Chrome dan buka menu Settings. 
  • Arahkan layar ke bagian bawah dan nyalakan mode Lite. 

2. Download Aplikasi Pemblokir Iklan

Solusi cara menghilangkan iklan di hp selanjutnya adalah menggunakan aplikasi pemblokir iklan. Pilihan aplikasi yang bisa kamu gunakan sangat beragam, seperti AdBlock, Free Adblocker Browser, AdBlocker Ultimate Browser, dan lain semacamnya. Kamu dapat secara langsung mengunduh aplikasi tersebut melalui Google Play Store

Penggunaan aplikasi pemblokir iklan sangat mudah. Kamu tidak perlu memakai handphone Android yang perlu di-root untuk memperoleh manfaatnya. Namun, hal yang perlu diperhatikan adalah efektivitas aplikasi dalam memblokir iklan. Hampir sebagian besar aplikasi tersebut tidak akan memblokir iklan 100%. Alasannya adalah karena mereka bekerja dengan cara menutup traffic DNS

Meski begitu, penggunaan aplikasi untuk memblokir iklan dapat meminimalkan gangguan saat berselancar di internet. Setiap aplikasi pun memberi pilihan pengaturan terkait jenis iklan yang diperbolehkan dan diblokir. 

3. Melalui Pengaturan di Handphone

Cara menghilangkan iklan di hp yang mengganggu selanjutnya dapat kamu lakukan melalui pengaturan atau settings di handphone Android. Metode ini tidak akan memblokir iklan di hp. Namun, penggunaannya adalah untuk mematikan fitur personalisasi iklan oleh Google. Kalau langkah ini kamu lakukan, jenis iklan yang muncul di hp berlaku secara acak. 

Langkah-langkah yang perlu kamu lakukan untuk menghilangkan personalisasi iklan tersebut adalah sebagai berikut: 

  • Buka menu Settings atau Pengaturan pada handphone Android
  • Selanjutnya, arahkan layar ke bagian bawah dan pilih opsi Google. 
  • Buka opsi Ads. 
  • Pada layar akan muncul tulisan “Opt out of Ads Personalization”. Aktifkan pilihan tersebut. 
  • Ketika memutuskan untuk mengaktifkan fitur itu, kamu akan memperoleh pemberitahuan dari sistem. Pilih OK untuk melakukan konfirmasi. 

4. Hindari Malware dan Adware di HP Kamu!

Munculnya beragam iklan mengganggu pada handphone bisa saja disebabkan oleh adanya malware ataupun adware. Malware merupakan aplikasi berbahaya yang dibuat untuk merusak sistem pada smartphone. Sementara itu, adalah aplikasi yang diciptakan dengan tujuan menghasilkan uang bagi kreatornya. Caranya adalah dengan menampilkan iklan sebanyak-banyaknya. 

Kedua jenis aplikasi berbahaya tersebut sama-sama mengurangi tingkat kenyamanan menggunakan handphone. Cara menghilangkan iklan di hp yang diakibatkan oleh malware dan adware adalah dengan menghapusnya. Kamu bisa melakukan penghapusan secara manual atau menggunakan aplikasi antivirus. 

Pilihan aplikasi antivirus yang bisa kamu manfaatkan cukup beragam, termasuk di antaranya adalah Malwarebytes, Avira, CM Security, Eset Mobile Security and Antivirus, AVG Antivirus, dan lain sebagainya. 

Hal yang tak kalah penting, kamu perlu menjaga diri agar smartphone tidak lagi terserang malware ataupun adware. Terdapat 4 tindakan yang perlu kamu lakukan, yakni: 

  • Hindari aktivitas mengunduh aplikasi dari pihak ketiga. Sebagai gantinya, kamu dapat memilih menggunakan app store resmi Google, yakni Google Play Store. 
  • Cermati Permission aplikasi secara menyeluruh. Jangan sekadar menekan tombol allow atau setuju. Salah-salah, data penting yang tersimpan di handphone bisa beralih ke tangan orang tak bertanggung jawab. 
  • Hati-hati terhadap aplikasi palsu yang dibuat dengan desain mirip seperti aslinya. Aplikasi semacam ini kemungkinan besar muncul di app store pihak ketiga. 
  • Update sistem Android secara berkala. Tindakan ini berguna untuk meningkatkan sistem keamanan OS Android dari berbagai ancaman, termasuk malware dan adware. 

Nah, itulah pilihan cara menghilangkan iklan di hp yang mengganggu. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba, ya!

Related Posts

Leave a Comment