Baterai Boros? Ini 10 Cara Menghemat Baterai Hp Kalian!

by Christian Wiranata
0 comment

Baterai adalah salah satu komponen yang paling banyak diperhatikan sekaligus dikeluhkan oleh pengguna hp. Karena itu, produsen pun semakin berlomba-lomba meningkatkan kapasitas baterai dalam produk terbaru mereka.

Namun, kapasitas yang (semakin) besar saja tidak cukup. Kalian sebagai pengguna juga perlu melakukan usaha untuk menjaga keawetan sumber daya perangkat satu ini. Setidaknya, berikut adalah sepuluh cara menghemat baterai hp yang dapat dilakukan.

Cek, Lalu Stop Aplikasi Boros

Banyak aplikasi tidak cuma memenuhi kapasitas memori, tetapi juga berpotensi membuat baterai jadi boros. Terutama aplikasi yang mengombinasikan beberapa fitur sekaligus saat digunakan (seperti kamera dan internet), maka konsumsi dayanya juga semakin besar.

Kalian bisa cek aplikasi apa saja yang paling banyak menguras baterai. Di Android, buka menu ‘Settings’ submenu ‘Battery and Performance’, lanjutkan dengan ‘Power Usage’. Setop aplikasi yang menurutmu tidak terlalu banyak digunakan dan boros baterai. 

Turunkan Level Kecerahan Layar

Kecerahan layar merupakan salah satu faktor penting dalam menentukan kenyamanan user dalam menggunakan hp. Namun semakin tinggi tingkat kecerahan layar, semakin cepat pula baterai jadi boros di samping mengganggu kesehatan indera penglihatan pula.

Aturlah kecerahan layar sesuai dengan kondisi sekitar, kenyamanan, dan kesehatan mata. Lakukanlah pengaturan secara manual sebab fitur auto brightness justru membuat sensor cahaya bekerja lebih ekstra sehingga menyebabkan daya baterai yang dikonsumsi jadi lebih banyak.

Matikan Sinyal Radio dan Fitur Tidak Terpakai

Beberapa aplikasi atau fitur akan bekerja lebih baik dengan menggunakan sinyal radio, seperti Bluetooth, GPS, NFC, dan tentu saja WiFi. Namun, sinyal radio yang terus-menerus aktif akan membuat baterai lebih cepat boros.

Solusinya tentu saja dengan mematikan beberapa fitur tersebut ketika sudah tidak lagi dibutuhkan. Melakukan pengaturan konektivitas ini pun tidaklah sulit mengingat kalian bisa langsung melakukan on dan off tanpa masuk ke aplikasi tertentu.

Hapus Data Aplikasi yang Berjalan di Background

Hp memang mempermudah proses multitasking, tetapi kemudahan ini juga memberi efek pada konsumsi baterai. Selain itu, data pada aplikasi tersebut turut memenuhi memori sehingga kerap menimbulkan keluhan lemot.

Tutuplah aplikasi yang tidak lagi digunakan. Hindari langsung menekan tombol home untuk keluar dari aplikasi. Manfaatkan pula fitur Auto Kill jika terlalu banyak yang harus ditutup.

Baca Juga: Tahan Emosi Dulu! Ini 10 Cara Mengatasi Hp Lemot Kalian!

Minimalisir Penggunaan Widget dan Live Wallpaper

Cara menghemat baterai hp juga bisa dilakukan dengan membatasi penggunaan widget di hp. Fitur ini memang membuat tampilan hp jadi lebih menarik dan mempermudah, tetapi penggunaan prosesor yang ikut meningkat akan menyebabkan baterai terkuras.

Hal serupa juga berlaku untuk live wallpaper. Sebagai alternatifnya, kalian bisa memakai wallpaper statis yang juga banyak berdesain tak kalah menarik.

Matikan Notifikasi Tidak Penting

Notifikasi berfungsi untuk memberi informasi yang barangkali kalian butuhkan. Namun, terlalu banyak notifikasi yang muncul seperti tak ada habisnya juga dapat membuat stres.

Selain itu, notifikasi yang muncul terus-menerus akan menguras baterai pula. Untuk mengatasinya, nonaktifkan notifikasi pada beberapa aplikasi atau fitur yang tidak terlalu dibutuhkan. 

Matikan Fitur Auto Sync

Pabrikan ponsel memberi fitur auto sync untuk memudahkan proses sinkronisasi antara hp dan server berbagai akun yang digunakan, seperti email dan media sosial. Dengan begitu, kalian tak akan ketinggalan update informasi dari akun aplikasi yang disinkronkan tersebut.

Sayangnya, auto sync bekerja terus-menerus sehingga daya baterai akan terimbas. Kalian pun dapat mengatasinya cukup dengan menonaktifkan fitur ini.

Gunakan Fitur Power Saving

Seperti namanya, power saving adalah fitur untuk mengatur penggunaan daya bateraimu agar efisien. Power saving akan mengatur aplikasi yang berjalan di latar belakang secara lebih hemat baterai.

Fitur ini akan membatasi hp untuk hanya membuat beberapa fitur penting saja yang bekerja seperti telepon, SMS, dan internet. Dengan begitu, baterai pun jadi lebih awet.

Gunakan Aplikasi Bebas Iklan

Aplikasi tidak berbayar memang menguntungkan. Namun, selain risiko keamanan data dan kenyamanan yang agak terganggu karena adanya beberapa iklan yang pasti akan muncul, daya baterai juga ikut terdampak.

Aplikasi beriklan biasanya dibekali sistem ads. Untuk menampilkan ads tersebut, hp pun akan memerlukan tenaga ekstra sehingga membuat baterai lebih cepat habis pula.

Baca Juga: Bikin Kesel? Ini 4 Cara Menghilangkan Iklan Hp Paling Mudah

Jangan Kebanyakan Streaming Online

Jika kalian gemar melakukan streaming online apalagi dengan aplikasi nonton film, maka risiko baterai boros harusnya tak lagi mengejutkan. Pasalnya, kegiatan seru ini melibatkan banyak komponen sekaligus dalam jangka waktu yang tak sebentar.

Sebuah studi menemukan bahwa melakukan streaming selama 10 sampai 15 menit saja dapat mengurangi kapasitas baterai sebanyak 20 persen. Tentunya jika usia baterai hp sudah tergolong lawas ditambah dengan pemakaian yang kurang terjaga baik—maka penurunan tersebut akan terjadi lebih banyak.

Nah, itulah beberapa cara menghemat baterai hp yang dapat kalian lakukan. Kini, tak ada lagi alasan untuk bingung mengapa baterai hp cepat habis walau kapasitasnya besar, ya!

Related Posts

Leave a Comment