7 Aplikasi Streaming Lagu Andalan Pengguna Smartphone

by Christian Wiranata
0 comment

Setelah turunnya era radio, aplikasi streaming lagu atau music app kini berjaya. Untuk kamu yang hobi mendengarkan musik pastinya sangat bergantung pada aplikasi ini. Tidak hanya dapat digunakan untuk mendengarkan lagu favorit, kamu juga bisa mendengarkan podcast, membuat playlist, bahkan membagikan lagu yang kamu dengarkan ke platform media sosial. Kamu bisa menikmati musik dimanapun dan kapanpun.

Ada beragam music app yang bisa kamu unduh secara gratis. Kemudahan dalam pemakaian, interface yang mumpuni, koleksi musik yang variatif dan lengkap, serta biaya langganan yang terjangkau bisa menjadi pertimbangan dalam mengunduh aplikasi tersebut. Nah, apa saja kira-kira aplikasi streaming lagu yang andalan pengguna smartphone saat ini? Cek yang berikut ini!

Spotify

Siapa yang tidak kenal Spotify? Aplikasi satu ini telah menembus angka 356 juta pengguna di dunia hingga saat ini, salah satunya di Indonesia. Spotify memiliki koleksi lagu yang cukup lengkap, khususnya untuk musik populer terkini. Kebanyakan musisi, baik di dalam dan luar negeri mengandalkan Spotify untuk mengeluarkan rilis terbarunya sehingga aplikasi ini tidak pernah ketinggalan hype.

Untuk tampilan dan kemudahan penggunaan, Spotify sangat user-friendly. Spotify mengkurasi playlist berdasarkan musik yang sering kamu dengarkan. Fitur data saver-nya dapat membantu mengurangi penggunaan data ponsel sehingga lebih hemat. 

Spotify adalah aplikasi streaming lagu berbayar yang tetap bisa digunakan secara bebas dan gratis dengan beberapa fitur yang dibatasi, seperti shuffle, download, dan fitur bebas iklan. Harga berlangganan Spotify masih cukup terjangkau dan masuk akal.

Baca juga: 15 Aplikasi Live Streaming Dikala Bosan, Bisa Cari Jodoh Juga!

Apple Music

Untuk kamu pengguna smartphone dari brand berlogo apel yang digigit ini, Apple Music adalah aplikasi built-in. Sementara untuk kamu pengguna Android, tetap bisa menggunakan Apple Music dengan cara mengunduhnya di Google Play Store. 

Sama seperti Spotify, banyak musisi yang menggunakan jasa Apple Music untuk merilis lagu terbarunya. Apple Music yang lahir di tahun 2015 telah digunakan setidaknya 72 juta orang di seluruh dunia dalam kurun waktu 6 tahun saja. 

Apple Music banyak digemari oleh pengguna asal negaranya yaitu Amerika Serikat. Kemudahan akses dan user interface yang mumpuni, Apple Music terus berkembang dan menjadi salah satu rival terbesar dari Spotify yang sudah duluan lahir. Kini, sebanyak lebih dari 70 juta lagu tersedia di aplikasi buatan Apple ini.

JOOX

Tencent, perusahaan multinasional asal Tiongkok merilis JOOX dan memasarkannya ke penjuru Asia sejak 2015. Memiliki headquarter di Hong Kong, sasaran market dari JOOX ada di negara-negara seperti Indonesia, Thailand, Malaysia, dan Hong Kong. Tak hanya di benua Asia saja, JOOX mampu mendobrak pasar Afrika Selatan dengan servis freemium-nya sejak 2017.  Pengguna aplikasi streaming lagu satu ini sudah mencapai hingga 87 juta di tahun 2020.

Mudah diakses dan tersedia di ponsel pintar maupun desktop, JOOX memiliki koleksi lagu yang lumayan lengkap yaitu sekitar 30 juta lagu bebas putar. Berbeda dengan Spotify yang mengandalkan iklan berupa audio untuk memancing pengguna premium, JOOX mengandalkan iklan berupa gambar, seperti yang disebutkan oleh Poshu Yeung, VP dari Internal Business Group Tencent, untuk mendanai JOOX.

Biaya langganan JOOX VIP tergolong terjangkau dan memberikan pengguna keleluasaan seperti unlimited skip, bebas iklan, mendengarkan lagu secara offline, dan kualitas suara mumpuni. Oh ya, kamu juga bisa mendapat satu hari premium hanya dengan membagikan lagu ke media sosial seperti Facebook.

SoundCloud

Sudah melanglang buana sejak 2007 dan menjadi rumah para musisi underground untuk membagikan karya mereka, SoundCloud bak kotak musik ajaib. Aplikasi asal Swedia ini telah dijadikan oleh musisi-musisi besar seperti Billie Eilish, Marshmello, Lewis Capaldi, Lorde, dan lainnya sebagai tempat untuk mengawali karir mereka. 

Sebanyak 30 juta pengguna, baik musisi dan penikmat musik, serta setidaknya 265 juta lagu yang siap didengarkan, SoundCloud telah mengubah industri musik menjadi lebih ramah pemula. Jutaan mixtape dan podcast sudah didengarkan melalui aplikasi ini.  Jika SoundCloud lebih kepada wadah untuk membagikan karya, SoundCloud Go diluncurkan sejak 2017 sebagai layanan pemutar musik berbasis langganan. 

YouTube Music

Lahir dari platform besar di internet, YouTube Music langsung mendapat sambutan meriah dari banyak orang. Jika kamu sering mendengar lagu melalui YouTube, di aplikasi ini kamu bisa mendengarkan lagu tanpa membuang-buang kuota data karena kamu dapat mengaktifkan fitur audio only.

YouTube Music mengkurasi playlist otomatis dari lagu-lagu yang kamu dengarkan sebelumnya. Aplikasi ini juga bisa kamu akses melalui browser. Ada lebih dari 60 juta lagu yang bisa kamu dengarkan melalui YouTube Music.

Hanya saja, aplikasi streaming lagu ini memiliki kekurangan yang cukup fatal yaitu tidak bisa didengarkan pada background ponsel sehingga aplikasi tetap harus terbuka dan aktif selama streaming.

Deezer

Deezer adalah aplikasi streaming lagu dari Perancis yang memudahkan pengguna untuk mendengarkan musik dari label seperti Universal Music Group, Sony Music, dan Warner Music Group. Tidak hanya lagu, Deezer juga menyediakan podcast yang siap didengarkan secara online maupun offline.

Deezer didirikan oleh Daniel Marhely dan Jonathan Benassaya pada tahun 2007 sebagai sarana untuk mendengarkan lagu dengan akses tak terbatas. Pada awalnya hanya tersedia di Belgia, Perancis, dan United Kingdom, Deezer memperluas jangkauannya mulai dari area Asia Tenggara, Afrika, dan seluruh dunia pada Juni 2012.

Aplikasi ini memiliki 6 jenis layanan berlangganan, yaitu Deezer Student, Deezer Premium, Deezer Family, Deezer Annual, Deezer HiFi, dan Deezer Family HiFi. Namun jangan bersedih, Deezer juga tersedia secara free dengan beberapa fitur yang tidak tersedia.

Shazam

Aplikasi ini tergolong unik karena bisa membantu kamu untuk mencari judul lagu yang sedang didengarkan. Aplikasi ini telah tercipta sejak 19 tahun lalu untuk membantu mengidentifikasi musik-musik berkualitas dengan teknologi bernama spektogram. Spektogram bekerja dengan cara mengidentifikasi sampel lagu dan menyocokkannya dengan jejak akustik dari database lagu.  Saat ini Shazam bisa diunduh dan digunakan pengguna Android maupun iOS secara gratis!

Nah, itu dia ulasan dari aplikasi streaming lagu popular kali ini. Apakah kamu punya salah satu dari aplikasi ini? 

Related Posts

Leave a Comment