7 Aplikasi Scanner Pilihan Untuk Scan Dokumen di Smartphone

by Christian Wiranata
0 comment

Tak dapat dimungkiri bahwa kehadiran aplikasi scanner memudahkan Anda memindai dokumen atau scan foto. Berkat aplikasi ini, Anda bisa mengubah dokumen ke dalam format lain tanpa harus repot pergi ke kios fotokopi atau membeli perangkat scanner. Menariknya, sebagian besar mobile scanner dilengkapi fitur pendukung untuk mengoptimalkan kinerjanya. 

Rekomendasi Aplikasi Scanner Untuk Ponsel Pintar

Sebenarnya, cukup banyak mobile scanner yang tersedia di Google Play Store maupun App Store. Anda hanya perlu memilih salah satu di antaranya. Namun, untuk memudahkan Anda, simak sederet rekomendasi mobile scanner terbaik berikut ini. 

Adobe Scan

Adobe Scan tercatat sebagai salah satu aplikasi scan PDF yang cukup banyak diunduh oleh pengguna ponsel pintar. Berbekal fitur editing lengkap dan didukung Optical Character Recognition (OCR), aplikasi ini memungkinkan Anda untuk menandai semua jenis data dan mengubahnya ke dalam fomat PDF ataupun JPEG (foto). Beragam jenis data yang dapat dipindai, antara lain tulisan, kuitansi, gambar, tulisan di papan tulis, dan kartu nama.

Proses scan menggunakan aplikasi ini sederhana dan tergolong singkat. Nantinya, setelah dokumen terpindai, Anda bisa melakukan penyesuaian warna huruf, rotasi, atau memotong bagian tertentu. Lantaran terintegrasi langsung dengan Adobe Document Cloud, hasil scan dapat diakses melalui perangkat mana pun. 

Hasilnya juga bisa dikirim melalui email. Meskipun menawarkan banyak keunggulan, Anda yang tidak terbiasa dengan tampilan dan tools khas Adobe akan merasa kesulitan. Aplikasi ini juga berukuran besar sehingga menghabiskan ruang penyimpanan. 

Baca juga: Foto Tambah Joss! Cobain 10 Rekomendasi Aplikasi Kamera Ajib

Office Lens 

Office Lens merupakan aplikasi besutan Microsoft yang berfungsi sebagai pemindai dokumen baik untuk kepentingan bisnis maupun sekolah. Beberapa jenis dokumen yang dapat dipindai, antara lain sketsa, kuitansi, kartu nama, papan tulis, dan catatan. Aplikasi ini dibekali sejumlah fitur canggih yang memudahkan Anda melakukan konversi hasil scan ke dalam format PDF, Power Point, dan Word. 

Dokumen tersebut dapat dikirim via email atau disimpan di Cloud Storage, seperti OneNote atau OneDrive. Office Lens tersedia dalam Inggris, Mandarin, Jerman, dan Spanyol. Namun, aplikasi ini cukup menyita ruang penyimpanan sehingga kurang cocok untuk ponsel low end

Easy Scanner

Aplikasi besutan pengembang Bfery ini menawarkan kemudahan memindai dokumen dan mengubahnya ke dalam format PDF atau JPG. Meskipun Easy Scanner berukuran ringan,  kualitas hasil pindainya termasuk baik dan tak kalah tajam dengan aplikasi sejenis. Sayangnya, Easy Scanner belum dilengkapi dengan fitur penyimpanan. Namun, hasil kualitas yang tajam membuat aplikasi ini begitu disukai. Tak heran jika hingga kini Easy Scanner sudah diunduh lebih dari satu juta kali. 

Dokumen Scanner SDK App

Aplikasi scanner yang diciptakan oleh Scanbot Scanner SDK ini merupakan solusi memindai dokumen dengan mudah dan simpel. Cukup dengan memotret dokumen, secara otomatis aplikasi ini akan mengubahnya ke dalam bentuk teks maupun gambar. Aplikasi ini juga dilengkapi fitur optimasi warna dokumen sehingga kualitas scan terjaga. 

Berbeda dengan aplikasi sejenis, Dokumen Scanner SDK App bisa memindah banyak halaman dokumen sekaligus sehingga Anda dapat menghemat waktu. Tak hanya itu saja, aplikasi ini juga dilengkapi fitur penyimpanan lengkap. Mulai dari Cloud, Google Drive, Evernote, OneDrive, hingga Dropbox dan lainnya. Selain kerap bermasalah dengan bug, aplikasi ini akan berhenti beroperasi jika terlalu sering digunakan untuk scan dokumen dalam jumlah banyak sekaligus.  

Baca juga: Makin Kece Nih! Ini 10 Daftar Aplikasi Edit Foto Kekinian 2020!

Text Fairy

Text Fairy sangat direkomendasikan bagi Anda yang ingin mengkonversi dokumen ke dalam format teks atau gambar. Aplikasi ini menawarkan banyak keunggulan, seperti memperbaiki sudut pandang dokumen atau gambar, menyalin teks ke clipboard, dan mengedit teks yang diringkas atau ekstraksi. Hebatnya, Text Fairy mampu mengenali lebih dari 50 bahasa dokumen yang berbeda. Tidak adanya penyimpanan dan dukungan tulisan menjadi kelemahan dari aplikasi besutan Renard Wellnitz

TurboScan

Turboscan tergolong aplikasi ringan yang menawarkan kecepatan dalam proses memindai data. Hasil scan pun berkualitas dan tidak pecah serta dapat disimpan ke dalam format PDF, PNG, dan JPEG. Meskipun tak jarang muncul bug yang menganggu, TurboScan dapat dijadikan sebagai alternatif mobile scanner terbaik. 

Genius Scan

Satu lagi rekomendasi mobile scanner terbaik, yakni Genius Scan. Sesuai namanya, aplikasi yang dibesut pengembang The Grizzly Lab ini menawarkan kemudahan pindai, konversi, dan simpan dokumen ke aplikasi penyimpanan pihak ketiga, seperti Cloud, Dropbox, OneDrive, dan Google Drive. Genius Scan juga dapat digunakan untuk memperbaiki hasil scan dokumen, baik berupa catatan hingga jenis teks lain. Meskipun demikian, ukuran file yang besar dan kurang stabilnya fitur pemindaian menjadi kekurangan Genius Scan.

Demikianlah sejumlah rekomendasi aplikasi scanner terbaik yang dapat membantu menyelesaikan urusan pekerjaan atau tugas rumah Anda. Pastikan untuk memilih mobile scanner sesuai kebutuhan dan kapasitas penyimpanan ponsel pintar Anda!  

Related Posts

Leave a Comment