5 Cara Menghubungkan HP ke Audio Mobil, Gampang Loh!

by Christian Wiranata
0 comment
Cara Menghubungkan HP ke Mobil

Sejak smartphone populer, menyambungkan handphone dengan head unit pada kendaraan seperti mobil bukanlah hal sulit. Pengemudi jaman sekarang bisa mendengarkan lagu, melakukan panggilan telepon, hingga mengakses aplikasi di smartphone dengan mudah.

Apalagi pilihan koneksi yang bisa dimanfaatkan sekarang cukup beragam. Sebagai informasi, berikut ulasan tentang beberapa cara menyambungkan hp ke mobil dengan mudah.

1. Menggunakan Bluetooth

Untuk bisa menggunakan bluetooth, kita harus memastikan bahwa sistem audio pada mobil yang dipakai juga sudah dilengkapi dengan fitur ini. Fitur bluetooth biasanya hanya tersedia pada mobil keluaran terbaru saja. Jika menginginkan fitur ini ada pada mobil, kita bisa membeli perangkatnya secara terpisah di pasar otomotif.

Adapun langkah-langkah menghubungkan handphone ke head unit mobil menggunakan fitur bluetooth adalah:

  • Nyalakan fitur bluetooth di smartphone dan head unit mobil
  • Pilih menu pengaturan dan ubah aturan bluetooth menjadi visible di masing-masing perangkat agar dapat mendeteksi satu sama lain
  • Pastikan kedua perangkat sudah saling mengkonfirmasi akses bluetooth masing-masing agar keduanya dapat terhubung dengan baik
  • Setelah terkoneksi, kamu bisa langsung menyalakan musik melalui smartphone dan biasanya akan terdengar melalui speaker mobil

Bagaimana, mudah bukan? Selain terhubung secara audio, kita juga bisa mengatur volume hingga mengganti musik tanpa harus menyentuh sistem audio pada head unit mobil. 

Baca Juga : Mudah! Begini Cara Mengirim Aplikasi Lewat Bluetooth Loh!

2. Menggunakan Kabel USB

Selain menggunakan bluetooth, cara menyambungkan hp ke mobil lainnya adalah dengan menggunakan kabel USB. Saat ini, sistem head unit di beberapa mobil sudah kompatibel dengan berbagai jenis kabel USB. Jadi kita tidak perlu lagi membeli atau mengganti perangkat head unit.

Untuk menghubungkan head unit dengan smartphone menggunakan kabel USB caranya cukup mudah:

  • Colokkan kabel USB ke port yang tersedia pada head unit
  • Pastikan kabel dan port terpasang dengan baik
  • Setelah terpasang, lihat pengaturan di smartphone dan pastikan aturannya menunjukkan mode USB Connection
  • Smartphone dan head unit mobil pun bisa terhubung dan kita bisa mendengarkan musik yang diinginkan

3. Menggunakan Kabel AUX

Kabel AUX merupakan kabel analog yang biasanya kita lihat pada headphone atau jack speaker. Untuk bisa mendengarkan musik di mobil memanfaatkan kabel ini, ada beberapa langkah yang dapat diikuti yaitu:

  • Ambil kabel AUX lalu colokkan ke port yang ada di Android
  • Pilih menu AUX atau AV pada sistem audio tape di mobil kamu
  • Selanjutnya kamu hanya perlu memutar lagu di smartphone dan suaranya akan langsung terdengar melalui speaker yang ada di head unit mobil, mudah bukan?

4. Menggunakan Mirroring

Cara keempat adalah menggunakan mirroring. Cara ini bisa dilakukan dengan memanfaatkan kabel HDMI yang memungkinkan terjadinya koneksi digital antara handphone dan head unit pada mobil. Berkat teknik mirroring menggunakan HDMI, kamu bisa membagikan tampilan layar smartphone ke head unit di mobil.

Jadi kamu bisa memilih lagu yang akan diputar atau mengakses aplikasi tanpa harus melihat ke layar smartphone. Cara ini tentu memungkinkan kita untuk tetap bisa mengemudi secara aman meskipun sedang melakukan kegiatan yang harus diselesaikan menggunakan smartphone.

5. Menggunakan FM Transmitter

Terakhir, kamu juga bisa menggunakan FM Transmitter. Cara ini memanfaatkan gelombang radio untuk menangkap sinyal pada handphone dan menghubungkannya ke head unit mobil. Sayangnya, fitur ini hanya bisa dipakai jika sinyal radio cukup kuat saat mobil sedang berjalan.

Jadi, mana cara menyambungkan hp ke mobil paling mudah menurut kamu? Semoga bermanfaat.

Baca Juga : Ternyata Mudah, Begini Cara Menyambungkan HP ke TV Kalian!

Related Posts

Leave a Comment