4 Cara Mengetahui Nomor Penipu! (Dan Kalau Terlanjur Terhubung)

by Christian Wiranata
0 comment

Sekarang ini penipuan makin kreatif dan beragam metodenya. Salah satu yang cukup sering terjadi adalah penipuan via telepon. Kamu pasti kaget kalau kemungkinan korban jatuh ke jebakan penipu sangat besar kalau pakai metode ini. Gimana sih cara mengetahui nomor penipu dan melindungi diri dari modus ini?

Gimana Cara Tahu Nomor Seorang Penipu?

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk tahu apakah nomor yang menghubungi kamu itu milik penipu, di antaranya:

1. Cari dengan search engine

Cara paling gampang untuk tahu apakah kamu dihubungi penipu adalah dengan pakai search engine. Orang-orang zaman sekarang selalu pakai search engine kayak Google, Bing, atau Yahoo untuk cari informasi. Nomor yang kamu curigai adalah penipu mungkin bisa kamu temukan di search engine favoritmu.

Yang perlu kamu lakukan cuma mengetikkan nomor yang dicurigai ke search bar. Perhatikan saja beberapa hasil teratas mesin pencarian. Kalau nomor sudah pernah dilaporkan sebagai nomor penipu, biasanya kamu akan melihat informasi itu dengan gampang.

2. Pakai website reverse phone checker

Kamu bisa melihat laporan soal nomor yang dicurigai secara spesifik di website semacam ini. Website semacam ini malah bisa menunjukkan informasi seperti alamat dan nama dari pemilik nomor telepon itu. Kalau kamu tidak berlangganan dengan website ini, kamu hanya bisa cari satu nomor sehari.

Website bagus yang bisa melakukan tugas semacam ini misalnya:

  • Intelius
  • CocoFinder
  • Public Seek
  • Instant Checkmate

3. Instal aplikasi khusus

Instal aplikasi tertentu juga bisa jadi cara mengetahui nomor penipu loh. Ada aplikasi yang bisa diakses publik secara gratis. Aplikasi semacam ini ngumpulin data dari banyak pengguna, terutama yang pernah jadi korban penipuan. Akibatnya siapa aja yang instal aplikasi bisa langsung tahu apa caller itu penipu.

GetContact adalah contoh aplikasi yang bisa melakukan ini. Cara penggunaannya lumayan gampang loh!

  • Akses aplikasi
  • Masukkan nomor yang menelepon kamu di search bar
  • Akan muncul nama dan tag yang ada kaitannya sama pemilik nomor
  • Cek berapa Trust Score dari pemilik nomor, semakin rendah berarti semakin besar kemungkinan kalau dia penipu

4. Cari di media sosial

Orang-orang juga pakai media sosial untuk melakukan apa aja sekarang ini. Termasuk di antaranya adalah melaporkan penipuan. Mereka yang korban suka menyebarkan kontak penipu buat memperingatkan orang lain supaya ga jadi korban juga. Kamu bisa pakai search bar dari media sosial favorit untuk dapat info ini.

Cara lainnya adalah akses akun media sosial yang khusus membahas topik fraud atau penipuan. Biasanya akan banyak pembahasan macam begini. Mungkin ada keuntungannya kalau kamu ikut akun yang lokasi domisilinya ga jauh karena bisa aja informasi macam ini kamu temukan di akun itu.

Apa Sih Tanda-tanda Penipuan via Telepon?

Sebenarnya kamu bisa mendeteksi loh apakah telepon yang kamu terima itu penipuan atau bukan. Berikut ini adalah tanda-tanda kalau sebuah panggilan itu percobaan penipuan:

  • Telepon menawarkan promosi barang atau jasa yang terdengar terlalu menggiurkan
  • Penelepon memperkenalkan diri bahwa dia berasal dari organisasi pemerintahan atau perusahaan ternama
  • Penelepon menjelaskan kalau dirinya bagian pemasaran perusahaan yang tidak pernah berhubungan sama kamu sebelumnya
  • Telepon asalnya dari fund raisers, terutama setelah ada peristiwa-peristiwa besar
  • Nada penelepon seperti mendesak kamu untuk melakukan sesuatu hal, biasanya berkaitan dengan uang

Jangan mudah terlena dan tetap waspada. Sulit emang mengindentifikasi penipu apalagi lewat telepon. Sering gaya bicara mereka benar-benar persuasif. Kamu mungkin sudah terlanjur melakukan hal ga diinginkan sebelum akhirnya sadar kalau sedang ditipu.

Baca juga: Gak Perlu Khawatir, Begini Cara Mengetahui Hp yang Disadap!

Hindari Hal-hal Ini!

Saran buat pengguna telepon adalah untuk ga mengangkat telepon dari nomor yang tidak disimpan di Kontak. Lebih mencurigakan lagi kalau nomor yang menghubungi kamu kodenya tidak dari satu negara. Kalau kamu lihat ada missed call dari nomor ga dikenal, sebaiknya juga jangan ditelepon balik.

Seringnya, kamu sudah terlanjur mendapatkan telepon dari penipu. Kalau sudah begini kamu perlu mewaspadai tanda-tanda bahwa telepon adalah modus penipuan. Semisal penelepon terdengar mencurigakan, kamu harus melakukan hal-hal berikut ini ya!

  • Misalnya kamu terhubung sama pesan prerecorded, jangan ikuti perintah yang ada di pesan itu dan tutup aja sambungan teleponnya
  • Jangan bagikan informasi personal maupun finansial kamu dengan siapapun yang menelepon, ini termasuk nomor KTP, NPWP, sampai nama ibu
  • Jangan mau kalau disuruh membayar biaya pendaftaran atau untuk kirim barang
  • Jangan menuruti perintah untuk beli gift card dan mengirimkan gift card ke penelepon itu

Bisa praktik cara mengetahui nomor penipu itu keterampilan penting di masa sekarang. Penipuan melalui telepon semakin marak dan korbannya semakin banyak. Kaum muda biasanya merasa aman karena menganggap dirinya lebih paham, padahal banyak juga korban yang muda dan melek teknologi.

Related Posts

Leave a Comment