3 Rekomendasi Cara Root HP Android yang Aman, Apa Saja?

by Christian Wiranata
0 comment
3 Rekomendasi Cara Root HP Android yang Aman, Apa Saja?

Kata root mungkin bukan lagi menjadi hal yang asing bagi kamu yang biasa mengutak-atik HP Android. HP Android yang telah di-root dapat memberikan fungsi yang lebih efektif, dan juga masih banyak keuntungan yang lainnya. Namun, bagi kamu yang masih belum paham mengenai root ini pasti akan bertanya mengenai cara root HP android agar tetap aman

HP android yang belum di-root akan memiliki perbedaan yang signifikan dengan HP android yang sudah di-root. Performa yang akan diberikan pun lebih cepat sehingga membuat para penggunanya sangat merasa senang. Oleh karena itu, artikel ini akan membahasa segala hal mengenai root HP android.

Pengertian Root HP Android

Android merupakan salah satu perangkat yang dapat dengan mudah dikembangkan dan dikostumisasi oleh para penggunanya. Hal ini bukan tanpa alasan, salah satunya adalah karena adanya sistem operasi open source yang terdapat dalam android. Kemudian, rooting ini termasuk ke dalam salah satu bentuk kostumisasi pada android.

Adanya proses rooting ini menjadikan penggunanya untuk dapat memiliki hak akses yang tidak terbatas dalam sistem operasi android. Perangkat yang telak di-root tersebut dapat dimodifikasi oleh penggunanya. Sementara itu, pengguna HP android yang belum di-root, tentu tidak memiliki akses terbatas untuk melakukan modifikasi pada perangkat tersebut.

Cara Root HP Android Tanpa Bantuan PC

Melakukan rooting HP ternyata dapat dilakukan meskipun tidak dengan bantuan PC. Proses rooting tersebut dapat dilakukan hanya dengan menggunakan aplikasi yang tersedia di HP Android milikmu. Akan tetapi, pastikanlah bahwa proses rooting tersebut memiliki urutan dan langkah yang sesuai sehingga dapat memberikan hasil yang baik dan aman. 

Menggunakan aplikasi KingRoot

Logo aplikasi KingRoot

Aplikasi pertama yang dapat membantumu untuk proses rooting android adalah KingRoot. Kamu dapat menggunakannya, meskipun tidak melalui PC, karena dapat diunduh secara gratis di Playstore. Cara yang dapat kamu lakukan adalah:

  • Pastikan terlebih dahulu ponselmu memiliki akses pemasangan aplikasi pihak ketiga (menu Setting->Security->Unknown Sources.
  • Unduhlah aplikasi KingRoot melalui Playstore atau web dan pilihlah opsi Untuk Android. Tunggulah sampai proses pengunduhan selesai.
  • Jika sudah, maka pilihlah tombol Buka dan Luncurkan agar kamu dapat memanfaatkan fitur-fitur yang tersedia di dalamnya. Lakukan pengecekan terlebih dahulu dengan memilih opsi “Coba ini” agar kamu dapat mengetahui apakah ponselmu sudah pernah di-root atau belum.
  • Kemudian, pilihlah opsi “Get Now” untuk memulai proses rooting tersebut. Jika prosesnya sudah selesai, maka HP akan kembali pada tampilan utama KingRoot.
  • Langkah terakhir, unduh aplikasi Root Checker di Google Playstore untuk melakukan pengecekan apakah perangkatmu sudah sukses di-root atau belum.

Menggunakan Aplikasi FramaRoot

Logo aplikasi FramaRoot

Aplikasi lainnya yang dapat kamu gunakan untuk proses rooting Android adalah FramaRoot yang dapat diunduh melalui website. Aplikasi ini biasa digunkan oleh pengguna dengan ponsel yang menggunakan chipset mediatek. Simak cara root HP android yang dapat kamu lakukan dengan aman:

  • Unduhlah terlebih dahulu aplikasi FramaRoot dan pasang pada perangkat android.
  • Kemudian, pilihlah opsi SU atau Superuser.
  • Lalu, pilih lagi opsi Gandalf di dalam aplikasi tersebut.
  • Proses rooting akan dijalankan secara otomatis dan jika berhasil, maka selanjutnya adalah melakuakn restart pada HP.

Menggunakan Aplikasi KingoRoot

Logo aplikasi Kingoroot

Aplikasi selanjutnya yang dapat kamu gunakan untuk proses rooting HP android adalah KingoRoot. Di antara cara yang dapat dilakukan adalah:

  • Unduh dan pasanglah aplikasi KingoRoot pada perangkatmu.
  • Kemudian, bukalah aplikasi tersebut dan cari menu One Click Root.
  • Setelah itu, pilih opsi tersebut dan tunggulah beberapa saat untuk melihat hasilnya.

Keuntungan Setelah Melakukan Root pada Android

Bukan tanpa alasan, banyak pengguna akan mendapatkan beragam keuntungan apabila telah melakukan proses rooting pada perangkatnya. Kamu pun akan mendapatkan hal-hal di bawah ini ketika telah selesai melakukan rooting HP android. Simak keuntungannya di bawah ini.

  • Dapat melakukan overclock pada CPU, dengan begitu HP android dapat bekerja secara lebih maksimal.
  • Dapat menghapus aplikasi bawaan yang kurang bermanfaat
  • Dapat mengurangi konsumsi memori HP
  • Dapat mengubah tampilan HP dengan menggunakan custom ROM

Kerugian Setelah Melakukan Root pada Android

Selain memiliki keuntungan, rooting juga memiliki beberapa keurgian yang penting sekali untuk diperhatikan. Di antara kerugian tersebut adalah:

  • Hilangnya garansi pada HP android.
  • Performa HP bisa saja menurun apabila melakukan modifikasi yang berlebihan
  • HP berpotensi mengalami gagal booting apabila proses rooting menemukan kegagalan dan tidak dapat digunakan kembali.

Itulah beberapa cara root HP android yang dapat kamu lakukan tanpa bantuan PC dan dapat dilakukan dengan mudah. Namun, apabila tetap tidak berhasil, maka jalan terakhirnya adalah tetap melakukan proses rooting dengan bantuan PC. Pastikanlah kamu telah melakukan pertimbangan yang matang sebelum memutuskan untuk rooting pada android tersebut.

Baca Juga: Ikuti Rekomendasi Cara Reboot HP Android dengan Benar

Related Posts

Leave a Comment